Lifestyle

Bebas Sakit! Ini 5 Tips Menjaga Stamina Saat Mudik Lebaran

  by: Redaksi       29/4/2022
  • Girls, setelah dua tahun pandemi COVID-19 membuat segala hal menjadi terbatas, akhirnya tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk kembali mudik saat Lebaran.

    Seperti perjalanan jauh pada umumnya, mudik Lebaran juga membutuhkan banyak persiapan dan energi. Agar tetap berenergi dan fit kamu perlu menjaga stamina tubuh saat mudik Lebaran. Apalagi kalau kamu mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

    Berikut Cosmo berikan 5 tips menjaga stamina saat mudik Lebaran:




    1. Pastikan tubuh sehat





    Sebelum memutuskan untuk mudik, pastikan tubuh kamu sehat, girls! Karena jika keadaan tubuh kamu sedang kurang fit itu jelas akan membuat tubuhmu jadi kurang bertenaga dan merasa lemas.

    Yang dikhawatirkan juga, kondisi tersebut dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit baru ke tubuh selama Lebaran.


    2. Istirahat yang cukup




    Pastikan untuk beristirahat yang cukup sehari sebelum memutuskan untuk pergi mudik. Hal ini tentunya untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit dan segar saat kamu menempuh perjalanan jauh atau mengendarai kendaraan pribadi.

    Jika kamu memilih menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api, atau bus, cobalah untuk menghindari sarana transportasi atau hari yang terlalu ramai agar perjalananmu lebih nyaman.


    3. Siapkan perbekalan di perjalanan




    Kamu juga perlu mempersiapkan bekal sendiri saat perjalanan mudik. Pilihlah makanan yang bergizi seperti memilih karbohidrat untuk sumber energi, protein, sayur-sayuran serta buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama mudik.


    4. Bawa obat-obatan pribadi




    Pastikan juga kamu membawa obat-obatan pribadi seperti: obat anti mabuk, obat flu, obat masuk angin, obat maag, obat sakit kepala, dan obat diare untuk diperjalanan. Obat-obatan ini berguna untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan selama perjalanan.

    Kamu juga bisa ikut membawa minyak kayu putih atau essential oil favoritmu, supaya selama perjalanan mudikmu kamu dapat merasa lebih rileks.


    5. Terapkan protokol kesehatan




    Walaupun sudah diperbolehkan untuk mudik, tapi jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan kapan pun dan dimana pun saat pergi berlibur seperti tetap menjaga jarak, menghindari keramaian, memakai masker, dan rajin mencuci tangan.

    Apabila kamu mudik menggunakan transportasi umum, semprotkan sanitizer beralkohol pada tempat dudukmu supaya lebih bersih.


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Gustavo Fring on Pexels, Photo by Oleksandr Pidvalnyi on Pexels, Photo by Ivan Oboleninov on Pexels, Photo by Sarah Chai on Pexels, Photo by Pixabay on Pexels, Photo by Thirdman on Pexels)