Career

Pindah Haluan Karier? Persiapkan 4 Hal Ini

  by: Redaksi       30/4/2022
  • Dunia kerja semakin dinamis hingga pilihan untuk memulai karier di bidang baru sudah jadi pilihan yang lumrah. Banyak pertimbangan yang mendasarinya. Umumnya bisa karena ingin mencari tantangan baru, sesuai passion, atau bisa juga karena pindah ke lingkungan yang baru semisal menetap di luar negeri misalnya.

    Meninggalkan pekerjaan atau bidang yang sudah kita kuasai bukanlah hal yang mudah. Namun jika kamu sudah mantap untuk berpindah haluan, Cosmo menjabarkan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan.

    Research, Research, Research!




    Melakukan riset mengenai bidang atau industri yang akan kamu tekuni adalah sebuah keharusan. Pelajari hal-hal mendasar mengenainya serta perkembangan terbaru. Analisis apakah ada skills yang sudah kamu kuasai bisa diterapkan nantinya.

    Persiapkan Perubahan Gaya Hidup



    Melansir dari laman Indeed, berganti bidang pekerjaan juga dapat mengubah pola gaya hidup lho, Cosmo Babes! Semisal, kamu hendak mencoba menekuni profesi di bidang jasa. Maka persiapkan diri bila sebelumnya akhir pekan adalah waktu santai, maka kemungkinan kamu akan masuk. Dan hari libur akan berpindah ke weekday. Bahkan sesimpel aturan baju kerja, mungkin kamu terbiasa tampil formal bisa jadi lebih kasual.

    Terus Belajar


    Bekerja memang untuk memenuhi kebutuhan finansial, tapi bukan berarti kamu harus berhenti mengasah kemampuan. Apalagi sekarang kamu bekerja di bidang baru. Tentu memperkaya pengetahuan adalah sebuah keharusan demi bisa beradaptasi.

    It Takes Time


    Berpindah ke industri yang berbeda dengan pekerjaan sebelumnya sama ketika kita memulai semuanya dari awal. Maka terkadang karena belum terbiasa dengan ritmenya kita jadi merasa malas. Kuncinya adalah belajar mencintai proses.




    Teks: Malcolm Rei/Foto: Pexels-George Milton, Freepik-benzoix, freepik-wayhomestudio




    tags: karier