Better You

9 Simple Time Management Plan

  by: Redaksi       15/5/2012
  • Uh oh, gara-gara lembur di kantor kemarin malam berdampak Anda bangun siang dan telat meeting bersama klien? Makan siang pun terlewat lantaran pekerjaan masih menumpuk. DAN, berhubung deadline sudah mepet, sepertinya nanti mesti lembur lagi nih. Hmmph, there goes that romantic dinner with him. Kalau sudah begini, 24 jam dalam sehari pasti rasanya tidaklah cukup.

    Worry not, ladies! Tanpa memiliki mesin waktu pribadi, Anda tetap bisa kok mengelola waktu yang ada, berkat rangkaian tip berikut ini dari Time Management for Dummies.

    1. Sediakan waktu untuk membuat rencana harian. Cukup sisihkan beberapa menit untuk mencatat hal-hal penting yang harus diselesaikan hari ini.



    2. Pasang tenggat waktu. Anda akan lebih fokus bekerja jika tidak ada waktu kosong dalam jadwal untuk menuntaskan suatu pekerjaan.

    3. Tulis semuanya. Anda akan menghemat waktu dan mengurangi stres jika tidak terus-terusan berupaya mengingat-ingat tugas Anda hari ini.

    4. Fokus pada tugas-tugas penting. Jangan hanya fokus pada hal-hal yang urgent. Seperti kata pepatah: the devil is in the details.

    5. Lihat tujuan jangka-panjang Anda. Tanyakan pada diri sendiri, Apakah hal-hal yang sudah dilakukan hari ini sesuai dengan tujuan-tujuan Anda?



    6. Kerjakan sedikit tapi sering. “Pecahkan” satu tugas besar menjadi beberapa tahapan yang lebih kecil untuk mencegah build-up dan rasa kewalahan.

    7. Take a break. Rehat sejenak dapat menghindarkan Anda dari stres dan kelelahan, apalagi dalam kasus terlalu banyak pekerjaan dan terlalu sedikit waktu. Luangkan beberapa menit untuk menyegarkan pikiran dan Anda pun dapat kembali produktif.

    8. Jangan lakukan semuanya sendiri. Jangan ragu meminta bantuan jika memang membutuhkannya.

    9. Jaga keseimbangan. Usahakan tidak menghabiskan seluruh waktu Anda untuk bekerja. Sediakan waktu berkumpul bersama keluarga dan teman, serta pastikan Anda punya cukup waktu untuk makan dan berolahraga teratur. (Puji Maharani/SL/Image: iStockphoto/Thinkstock)