Love & Sex

Pacaran Beda Agama. Lalu Harus Bagaimana?

  by: Redaksi       8/5/2013
  • Dear Cosmo,

    Saya dan pasangan sudah berpacaran selama hampir tiga tahun. Tapi karena saya dan pasangan saya beda agama, kami tidak mungkin menikah. Keluarga juga tidak menginginkan kami menikah beda agama. Lalu, saya harus bagaimana, Cosmo?


    Thanks.
    Chacha, 24 tahun.



     

    Answer:


     



    Dear Chacha,

    Albert Einstein berkata, "Insanity is doing the same thing over and over again and expecting different results." Artinya, bagaimana Anda bisa ‘bahagia’ jika Anda masih juga berada di situasi yang “itu lagi itu lagi”. Kalau Anda tidak bisa mengalah, ia pun tidak mau, bahkan sudah bertahun-tahun, artinya situasinya sama bukan? Tapi lagi-lagi, bahagia itu Anda sendiri yang menentukannya. Apakah Anda bahagia dalam situasi ini? Jika jawabannya Anda tidak bahagia, lupakan dia. Terdengar menyakitkan? Tapi tanpa keputusan yang tegas, hidup Anda akan sama. Lagipula, kalau si dia niat serius, tentu Anda berdua sudah menikah, apapun yang terjadi. Banyak pasangan beda agama, pun yang tidak disetujui orangtua, menemukan cara mereka untuk bersama.

    Dengan meninggalkan si dia, Anda membuka kesempatan hidup yang baru, yang Anda tidak pernah ketahui. Ini saatnya, Chacha. Be fearless!

    Fira Basuki