Lifestyle

The Great Gatsby: More Stylish, More Glamorous

  by: Redaksi       17/5/2013
  • Setelah berbulan-bulan dari rencana awal, pekan ini akhirnya The Great Gatsby dirilis secara resmi di seluruh dunia. Diangkat dari salah satu novel terbaik Amerika sepanjang masa karya F. Scott Fitzgerald tentang cinta yang hilang, film berlatar New York di era musik jazz tahun 1922 ini menghadirkan versi sangat berbeda dari The Great Gatsby produksi 1974 yang kala itu dibintangi oleh Robert Redford dan Mia Farrow.

    Kehadiran Baz Luhrman di bangku sutradara tentu memberi pengaruh besar dalam The Great Gatsby versi 2013 ini. Dengan portfolio macam Strictly Ballroom, Romeo+Juliet, Moulin Rouge! dan Australia, sudah bisa dipastikan kalau film yang naskahnya juga ia kerjakan ini akan jauh lebih kolosal, glamor, dan musikal dibanding versi-versi yang telah ada sebelumnya.

    Leonardo DiCaprio berperan sebagai milyarder muda misterius bernama Jay Gatsby, yang setiap akhir pekan selalu mengadakan pesta gila-gilaan di rumahnya yang bak istana di pinggiran Kota New York. Semua orang bisa ditemui di pesta Gatsby yang tersohor itu, dari pelajar sekolah elit, bintang Hollywood, politisi, atlet ternama, sampai gangster. Tapi tak ada satupun yang tahu masa lalu Gatsby dan alasan mengapa ia rutin mengadakan pesta-pesta tersebut. Tepat di samping mansion sang milyarder terdapat sebuah rumah mungil yang ditinggali oleh Nick Carraway (Tobey Maguire), seorang pedagang saham muda yang baru saja pindah dan meretas karier di Big Apple. Dari sudut pandang Nick-lah penonton dituntun sepanjang film. Nick, pria lugu yang juga menyimpan banyak rahasia, termasuk soal perselingkuhan Tom Buchanan (Joel Edgerton) suami sepupunya, Daisy (Carey Mulligan), yang kebetulan tinggal tepat di seberang rumah Gatsby.



    Secara visual, film ini memberikan sensasi yang luar biasa. Coba tonton versi 3D-nya dan nikmati setiap detail yang ditampilkan. Dari sinematografi yang dinamis hingga setting New York tahun 1922 yang digambarkan begitu detail dan apik adalah nilai plus dari film ini. Ditambah lagi dengan kostum ala Charleston yang kaya akan manik-manik, rumbai, dan aksesoris berkilauan. So glamorous! Untuk soundtrack, Baz masih setia dengan style-nya yang memadukan setting dan tema film dengan lagu-lagu bernuansa modern. Simak Crazy in Love milik Beyonce, dinyanyikan ulang oleh Emily Sande,  mengiringi hati Gatsby yang berbunga-bunga saat hendak bertemu cinta sejatinya. Atau Young & Beautiful-nya Lana Del Rey yang membingkai adegan pernikahan antara Tom dan Daisy Buchanan. The soundtrack was perfectly fit!



    Dari deretan pemain, acungan jempol Cosmo diberikan kepada Carey Mulligan yang tampil vulnerable sekaligus charming sebagai istri yang diselingkuhi. She's so adorable like a little rose bud! Sedangkan kualitas akting Leo tentu tak perlu dibahas panjang lebar lagi, karena ia tak pernah berakting tanggung.

    The Great Gatsby tayang di bioskop-bioskop tanah air mulai tanggal 17 Mei 2013. So, sudah tahu kan akan menonton film apa akhir pekan ini? (Imron Ramadhan/SW/Image: Outnow.ch)