Better You

Stars Give Birth in Style

  by: RedaksiCosmopolitan       28/5/2013
  • Ada beberapa metode persalinan yang bisa dipilih para calon ibu. Ada operasi Caesar, normal, hypnobirthing, hingga homebirth. Kalau para selebriti dunia ini memilih cara apa, ya? Berita mengenai selebriti dunia memang selalu menarik perhatian banyak orang, pun termasuk Anda. Apalagi bagi Anda, para calon ibu yang cepat atau lambat akan menghadapi hari persalinan, tentu ingin tahu metode yang dipilih seleb yang mungkin idola Anda ini. Siapa saja mereka dan cara persalinan apa yang dipakai? Intip yuk, mungkin cara ini bisa jadi inspirasi Anda saat memutuskan metode persalinan nanti.

    Caesarean?
    Operasi Caesar atau dikenal sebagai C-section adalah sebuah operasi untuk mengeluarkan bayi dalam rahim Anda dengan menyayat dinding perut dan rahim Anda. Anda dapat memilih operasi ini sebagai bagian dari rencana awal persalinan Anda atau dikenal sebagai Caesar elektif. Jadi, Anda bisa memilih tanggal tertentu di rentang waktu due date Anda. Biasanya cara ini dipilih oleh para ibu yang ingin bayinya lahir di 'tanggal cantik'.

    Emergency Caesarean
    Caesar juga bisa jadi opsi saat persalinan normal yang Anda pilih tidak berjalan sesuai rencana. Misalnya bila pembukaan berjalan lambat, Si Janin terlilit tali pusat, atau ada masalah kesehatan lain yang dapat membahayakan jiwa bayi dan Anda. Ini pula yang dialami Dannii Minogue, aktris dan penyanyi asal Australia yang juga saudara kandung penyanyi internasional Kylie Minogue. “Kami baru menyadari di hari persalinan saya bahwa bayi kami tidak berada di posisi jalan lahir. Jadi setelah 20 jam berjuang merasakan sakit kontraksi yang menyiksa, rencana saya untuk melakukan homebirth akhirnya batal. Dengan berat hati saya pun dibawa ke rumah sakit. Tapi begitu saya menggendong Ethan, bayi kami, semua kekecewaan dan sakit yang saya rasakan langsung sirna,” urai Dannii.



    Elective Caesarean
    Empat kali melahirkan dan keempatnya dilakukan dengan metode Caesar elektif. Cara ini yang dipilih Posh Spice, Victoria Beckham untuk melahirkan keempat buah cintanya dengan pesepakbola tampan, David Beckham. Tiga jagoan mereka Brooklyn, Romeo, dan Cruz serta Si Bungsu Harper Seven semuanya lahir dengan operasi Caesar yang terencana. Seperti Vicky, penyanyi cantik Christina Aguilera mengaku tidak ingin mendapat kejutan tak menyenangkan saat melahirkan. Jadi, ia memilih untuk melakukan operasi Caesar elektif saat menjadi ibu dari Max, anak pertamanya dengan Jordan Bratman, yang kini telah menjadi mantan suaminya. “Saya sudah sering mendengar cerita tak menyenangkan dari beberapa teman yang melahirkan normal. Oleh karena itu saya mencari jalan pasti dengan Caesar elektif. Bagian tersulit dari rencana itu justru menentukan hari lahir yang akan jadi ulang tahun Si Kecil,” kata Christina.

    Homebirth?
    Homebirth atau melahirkan di rumah mungkin bukan sesuatu yang asing di luar negeri. Tapi di Indonesia, cara ini masih tergolong langka. Hanya ada beberapa orang yang berani memilih melahirkan di rumah dengan bantuan ahli daripada di rumah sakit, seperti yang dilakukan penulis Dee Lestari saat bersalin Atisha Prajna Tiara pada 23 Oktober 2009 lalu. Cara yang dilakukan Dee ini dikenal juga sebagai gentle birth.
    Alyson Hannigan yang terkenal berkat serial How I Met Your Mother juga melahirkan di rumah tanpa bantuan epidural saat melahirkan Satyana Marie Denisof, anak pertamanya pada Maret 2009. “Ya, saya memang menggunakan bantuan bidan dan doula saja. Sebab dokter bilang saya boleh menghubunginya jika saya membutuhkannya karena saya harus dibawa ke rumah sakit. Jadi saya memilih untuk tidak memakai dokter,” ucap Alyson.



    Drug-free Birth?
    Banyak perempuan hamil yang sejak awal kehamilan sudah merencanakan untuk menggunakan beragam alternatif obat atau alat bantu saat persalinan. Teknik pernapasan, pijat, dan air hangat adalah beberapa contoh alat bantu persalinan yang bukan obat kimiawi. Salah satu pesohor yang sangat setuju dengan metode drug-free birth ini super model Miranda Kerr. Ketika melahirkan Si Kecil yang tampan Flynn pada Januari 2011 silam, Miranda tidak memakai bantuan obat sedikitpun. “Sejujurnya, persalinan Flynn lalu adalah sesuatu yang berat, sulit, dan melelahkan. Tapi Orlando selalu ada di samping saya sepanjang waktu melelahkan itu. Ia mendukung dan membantu saya melewati masa persalinan yang menyakitkan sehingga saya tidak butuh obat,” ceritanya.

    Nah, Moms, sudah tahu kan apa saja pilihan mereka. Silakan tentukan rencana persalinan Anda sendiri! (Lenny Delima/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)
     



    tags: birth, celeb, mom