Better You

Resep Mudah Membuat Jus Sehat

  by: Redaksi       28/5/2013
  • Walaupun menyantap buah dan sayuran utuh itu lebih sehat, terkadang Anda pun menginginkan variasi – semisal jus buah dan sayuran, yang mampu mencegah dan mengatasi bermacam penyakit. Resep Jason Vale, penulis 7 LBS In 7 Days Super Juice Diet di bawah ini bisa jadi opsi bermanfaat bagi Anda. (Muhtar Rais/VP/Image: iStockphoto/Thinkstock/Dok. Cosmopolitan)


    Sebelum Terserang Flu

    Cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh menurun dapat membuat tubuh rentan terserang flu. Kalau kondisinya sudah demikian, buatlah jus dari campuran satu buah wortel, satu buah jeruk, dan dua buah kesemek yang bisa menjadi pembangkit sistem imun bagi tubuh. Beta-carotene yang terkandung meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.


    Morning Detox

    Mengonsumsi jus di pagi hari bisa menjadi cara detoksifikasi yang baik. Pola cleansing ini bila diterapkan secara konsisten dan jangka panjang ternyata juga bisa menghilangkan penyakit tertentu lho, dear. Salah satu tanaman yang biasa dijadikan campuran jus detox adalah rumput gandum. Selain kaya vitamin C, E, K, dan B kompleks, rumput gandum ternyata juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, protein, dan natrium. Akan terasa sedikit pahit memang. Jadi jika Anda ingin sedikit meminimalisir rasa pahit dari rumput gandum, tambahkan campuran dua buah jeruk nipis dan dua buah apel hijau.




    Sebelum Berolahraga

    Sebelum berolahraga, cobalah untuk mengonsumsi jus yang terdiri dari setengah buah pisang, satu buah bit, dan dua buah apel merah. Pisang bermanfaat untuk meningkatkan energi, sementara buah bit membantu memperbaiki stamina tubuh. Gabungan keduanya ditambah dengan buah apel menurut Jason akan membuat kondisi tubuh Anda tahan 16% lebih lama untuk bergerak selama berolahraga.


    Setelah Makan “Berat”

    Salah satu kesalahan yang kerap tak bisa dihindari adalah tidak mampu mengontrol pola makan. Karenanya sistem pencernaan Anda butuh istirahat, dear. Resep jus satu ini dengan campuran probiotic yoghurt, masing-masing setengah buah mangga dan setengah buah nanas. Probiotic yoghurt akan membantu mengeliminasi bakteri buruk dan juga membuang gas berlebih dalam tubuh. Sementara buah mangga dan nanas mengandung enzim yang membantu memecah protein untuk memfasilitasi proses penyerapan dalam tubuh. Hal inilah yang nantinya dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan. Selain itu, nanas juga dapat membantu menghilangkan rasa kembung dan gangguan sembelit karena kurangnya konsumsi makanan berserat.