Better You

Trik Cosmo Cegah Efek Samping PMS

  by: Redaksi       31/5/2013
  • Minggu-minggu menjelang masa menstruasi pasti amat menyiksa. Di sinilah saatnya PMS akan memicu berbagai gejala yang cukup mengganggu, seperti perut kembung, mood yang naik-turun, dan nafsu makan (terutama junkfood) yang melambung. Don’t worry dear, ada triknya kok untuk mengatasi permasalahan ini. Just follow these simple ways...

    Lowongkan Agenda
    Catat minggu PMS Anda di kalender dan highlight hari-hari di mana Anda memerlukan good mood dan pikiran yang jernih (semisal dinner dengan orangtua si dia atau meeting dengan si bos), lalu batalkan acara lain yang sifatnya opsional. Memberikan ruang supaya Anda bisa santai di antara acara besar akan membantu Anda menyimpan energi dan menghindari kewalahan.

    Sip A Cappuccino
    Menyeruput kafein akan membantu mencerahkan otak sesaat sebelum kencan. One warning: Jangan minum lebih dari tiga cangkir sehari, kalau tidak Anda akan semakin tegang.



    Film Komedi
    Tonton film-film yang akan “memaksa” Anda untuk tertawa. Pasanglah film komedi setiap kali Anda mulai merasa resah, karena a good laugh akan menghasilkan a good dose of serotonin alias hormon yang bertanggung jawab atas perasaan nyaman dan bahagia.

    Putar Lagu Adele
    Menurut hasil studi di Kanada, mendengarkan musik yang membuat Anda bergidik (contoh terbaik: Rolling in the Deep dari Adele) akan menghasilkan hormon endorfin, sehingga mengurangi rasa stres Anda. Tapi jangan memutarnya terlalu keras juga, karena ini akan membuat Anda kian tidak tenang.


    Minta Si Dia Memijat Punggung Anda
    Sesi mengurai otot tegang pasti sangat menyenangkan. Namun riset terkini ternyata menunjukkan kalau massage juga bisa mengurangi level kortisol dan meningkatkan produksi endorfin. Sedang tak ada budget lebih untuk ke spa? Coba minta si dia untuk memijat punggung Anda.



    Ditch Your Gym Gear
    Hmmmm... Agak malas yah ke gym kalau lagi PMS. Mengapa tidak berolahraga di rumah saja? Cosmo punya solusi terbaik bagi Anda yang gemar yoga (tapi enggan keluar rumah): Streaming kelas yoga gratis di www.hulu.com. Dan untuk membuat sesi ini lebih menarik, do it in your underwear. Berolahraga akan melepaskan lebih banyak lagi hormon endorfin di otak Anda dan meningkatkan ketajaman pikiran. All it takes is just 30 minutes of your time.

    Induge In An O
    Yup, trust the Big O to handle everything. Orgasme akan memproduksi hormon oxytocin, yang akan menjaga-atau bahkan melonjakkan level-serotonin pada tubuh. Ajaklah si dia untuk sesi intim yang lebih hot dari biasanya, atau kalau berhalangan, create your own Big O.

    Santap Oatmeal
    Isi piring Anda dengan makanan yang dapat memicu produksi serotonin, seperti oatmeal dan susu. Coba resep ini: Rebus susu rendah lemak, air, dan sedikit garam. Tambahkan oatmeal  dan buah beri, kecilkan api, dan rebus selama 20 menit. Sebagai pemanis, tambahkan walnut. (Muhtar Rais/IR/Image: iStockphoto/Thinkstock)