Better You

Buang Kebiasaan Buruk Saat Stres

  by: Redaksi       5/5/2014
  • Ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang muncul jika stres. Mulai dari makan banyak, cranky, berpikir pesimis, sampai jadi terus ingin belanja. Di sini, Cosmo beri kuncinya agar Anda bisa membuang kebiasaan buruk tersebut.

    Not So Hungry
    Saat mulut selalu ingin mengunyah, ingat satu hal: Anda hanya boleh makan saat sedang lapar. Lapar perut ya bukan "lapar mata".

    The Alter Ego
    Buat sebutan untuk diri Anda yang sedang marah-marah, semisal "Ms. B*tch" atau "Ms. Cranky". Jadi kapanpun Anda ingin meluapkan kemarahan, tinggal bilang ke diri sendiri "I don't want to be Ms B*tch. Saya bisa kok mengontrol situasi ini dengan tenang."



    Buat Hukuman
    Kalau Anda kembali melakukan salah satu kebiasaan buruk, bikin konsekuensinya. Misalnya Anda akan makan sehat selama dua minggu berturut-turut, atau tidak akan shopping untuk sementara waktu.



    Hilangkan "Tapi kan..."
    Jangan lagi ada kalimat "Saya sedang banyak belanja sih, tapi kan ini karena stres, jadi butuh hal yang bikin senang." Well, kalau Anda perlu pelampiasan, lakukan saja hal-hal positif seperti ikut kelas olahraga bersama teman-teman. Pasti menyenangkan! (Joan Aurelia/FT/Image: iStock/Thinkstock)