Better You

Kenali 3 Jenis Dehidrasi

  by: Redaksi       8/5/2014
  • Memasuki musim panas yang sudah di depan mata, jangan sampai kewaspadaan Anda terhadap kebutuhan cairan tubuh menurun. Panasnya cuaca dan terlalu banyak paparan sinar matahari bisa membuat Anda mudah dehidrasi. Berikut Cosmo jelaskan tiga jenis dehidrasi dan gejalanya.

    Dehidrasi Ringan
    Dehidrasi ringan ditandai dengan rasa haus dan tenggorokan terasa perih. Selain itu, Anda juga merasakan kulit menjadi kering atau bibir pecah-pecah. Kalau Anda sudah mulai merasakan pusing, sebaiknya mulai waspada dan jangan menganggap enteng gejala dehidrasi. Minum air putih yang banyak!

    Dehidrasi Tingkat Menengah
    Anda akan tahu bahwa dehidrasi yang dialami sudah cukup parah ketika detak jantung meningkat dan terasa berdebar. Selain itu tubuh akan terasa lemas dan air seni berwarna pekat dan dalam jumlah sedikit. Dehidrasi pada tingkat ini dapat memicu tekanan darah meningkat sehingga akan menyebabkan sakit kepala.





    Dehidrasi Berat
    Tingkat dehidrasi yang terparah adalah ketika Anda mulai merasakan kram otot, dan lidah terasa bengkak. Tubuh Anda juga akan terasa tidak berdaya, dan bisa jadi kehilangan kesadaran atau pingsan. Jika dibiarkan lebih lanjut, organ ginjal pun akan terkena dampaknya sehingga kehilangan fungsi-fungsi utamanya. Tidak mau kan, dehidrasi berkelanjutan? Karenanya selalu jaga kadar air dalam tubuh tetap terpenuhi! (Amanda Utari/IR/Image: iStockphoto/ThinkStock)