Better You

Kiat Minum Kopi untuk Penderita Maag

  by: Adya Azka       11/5/2014
  • Saat the girls ingin berkumpul di coffee shop, Anda segera menolak. Alasannya, Anda tidak bisa menikmati kopi karena memiliki riwayat sakit maag. Tentu saja Cosmo sangat memahami kondisi tersebut. Namun kini, Anda tak perlu khawatir lagi, karena pengamat kopi, Adi W. Taroepratjeka akan berbagi kiat meminum kopi untuk penderita maag.

    Dahulu, orang percaya jika sakit maag yang dirasakan setelah minum kopi itu disebabkan dari tingkat keasaman kopi. Padahal menurut Adi, tingkat keasaman kopi secara ilmiah itu hanya berkisar di angka lima dan air itu netral pada angka tujuh, sementara rujak cuka bisa mencapai angka tiga. Jadi menurutnya, jika perut Anda tidak melintir saat menyantap rujak cuka maka seharusnya lambung tidak bermasalah saat meminum kopi. Dan ternyata, dari hasil penelitian terhadap kopi diketahui jika perut melintir itu tergantung pada kemampuan seseorang dalam mencerna kafein.

    "Pada dasarnya, kafein itu racun dan manusia biasanya hanya mampu mencerna 200mg kafein. Sehingga jika sudah berlebihan, tubuh akan berusaha untuk mengeluarkannya," tutur pria yang sangat mencintai kopi bercitarasa unik ini.



    Selain itu, yang harus diperhatikan adalah jumlah kopi yang dikonsumsi. Misalnya, kalau minum secangkir kopi hitam saja perut sudah melintir maka Anda bisa mencoba jenis kopi arabica yang kandungan kafeinnya lebih sedikit dari robusta. Kalau perut masih melintir, Anda juga bisa menambahkan susu ke dalam cangkir kopi lho. Tapi, jika masih belum bisa merasakan kopi dengan nikmat maka pilihan terakhirnya adalah decaffeinated coffee atau yang lebih dikenal dengan kopi decaf yaitu kopi yang sudah dihilangkan kandungan kafeinnya.



    "Di luar negeri, permintaan kopi decaf ini sudah cukup tinggi, sementara di Indonesia sendiri memang masih jarang karena belum memiliki sarana pengolahannya yang tidak murah. Tapi kalau kita pergi ke gerai kopi modern internasional biasanya mereka sudah menyediakannya," jelasnya. So, kini tidak ragu lagi 'kan untuk kumpul bersama the girls di gerai kopi favorit? (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)

    tags: kopi, manfaat, tubuh, maag