Career

Bekerja Bisa Membuat Anda Sakit!

  by: Redaksi       13/5/2014
  • Faktanya, duduk berlama-lama di depan komputer bisa mengancam kesehatan Anda. Nyeri punggung, masalah penglihatan, dan gangguan tidur hanyalah sebagian dampak yang mungkin sudah Anda rasakan saat ini. Tenang dear, berikut Cosmo berikan pencegahannya.

    Sindrom Carpal Tunnel
    Masalah: Setiap gerakan yang dilakukan berulang-ulang terus menerus bisa menyebabkan cedera atau nyeri. Sindrom carpal tunnel merupakan penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di pergelangan tangan dan mengakibatkan tangan sering mati rasa dan kesemutan.
    Pencegahan: Peregangan yang dilakukan setiap sebelum mulai bekerja bisa membantu mengurangi ketegangan pada pergelangan tangan.

    Nyeri Punggung Bawah
    Masalah: Duduk selama berjam-jam, apalagi dengan postur tubuh yang kurang baik, bisa merusak tubuh. Nyeri punggung menjadi salah satu alasan utama para pekerja untuk absen dari kantor.
    Pencegahan: Selain duduk dengan cara yang benar, latihan fisik secara rutin, termasuk latihan punggung di gym bisa mengurangi beban rasa sakit pada punggung bagian bawah.



    Mata Lelah
    Masalah: Menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar monitor lama kelamaan akan membuat Anda memiliki pandangan yang buram, dan mata lebih sensitif. Gejala-gejala tersebut menandakan mata lelah.
    Pencegahan: Perbesar ukuran font pada komputer supaya tidak perlu lagi memicingkan mata saat membaca. Opsi lain adalah secara berkala mengistirahatkan mata dengan melempar pandangan pada obyek lain yang jauh.



    Bakteri
    Masalah:
    Meja kerja memiliki jumlah bakteri 400 kali lebih banyak dari toilet Anda. Penyebabnya banyak pekerja yang menjadikan meja kerja mereka sebagai meja makan namun jarang mau membersihkannya. Telepon adalah yang paling kotor, disusul dengan permukaan meja, mouse, dan komputer.
    Pencegahan: Selalu sediakan hand sanitizer dan tisu antibakteri untuk membersihkan meja setelah Anda makan. Cara ini juga efektif untuk mencegah penyebaran bakteri melalui udara akibat ada rekan kerja yang batuk atau bersin. (Imron Ramadhan/FT/Image: iStock/Thinkstock)