Love & Sex

Pengaruh Wanita Terhadap Cara Pandang Pria

  by: Redaksi       21/5/2014
  • Setiap kali di rumah, pria jarang bersedia melakukan pekerjaan rumah. Benar demikian? Eits, jangan terburu-buru menyalahkan sikapnya tersebut.
    Sebuah penelitian akademik di Stanford Business School and Loyola Marymount University, mengatakan bahwa wanita memiliki pengaruh besar terhadap cara pandang pria. Hal ini dikaitkan dengan berapa banyak wanita di dalam anggota keluarganya. Keberadaan wanita di sekitarnya dalam keluarga membuat pria berpikir bahwa semua pekerjaan rumah bisa dilakukan oleh wanita. Terlebih jika si dia memiliki adik wanita yang biasanya bisa dimintai bantuan untuk melakukan hal tersebut.
    Persepsi para pria ini juga terbawa di tempat kerja. Berdasarkan penelitian di Universitas Maryland, pemimpin pria memiliki kecenderungan untuk memberikan upah lebih sedikit untuk para karyawannya saat ia memiliki anak laki-laki. Alasannya, karena adanya tanggung jawab lebih saat memiliki anak laki-laki yang mengharuskannya untuk lebih peduli masalah di rumah dibanding di kantor. Tapi saat pimpinan tersebut memiliki anak perempuan, ia akan menjadi lebih “baik hati”. Kabar baiknya, pria akan berubah dan mau berbagi tugas untuk melakukan pekerjaan rumah saat ia berganti pekerjaan (yang mayoritas didominasi oleh wanita) seperti perawat dan pengajar. (Muhtar Rais/FT/Image: Wavebreak Media/Thinkstock)