Better You

Aktivitas Terlarang Setelah Makan

  by: Redaksi       22/5/2014
  • Beberapa hal di bawah ini rupanya tidak dianjurkan untuk dilakukan sesaat setelah makan. Akibatnya beragam, dari mulai kram, gangguan pencernaan, hingga infeksi usus. Hmm, apa saja? Yuk, simak!

    Berenang
    Makanan yang Anda makan butuh waktu untuk benar-benar tercerna. Apabila Anda langsung berenang sesaat setelah makan, proses pencernaan makanan akan terganggu karena energi yang digunakan untuk mencerna terpakai untuk berenang. Hal ini bisa menimbulkan perut kembung sampai kram perut, lho.

    Tidur
    Meskipun kantuk sering menghampiri sesaat setelah Anda makan, tapi sebenarnya tidur merupakan salah satu aktivitas yang terlarang dilakukan setelah makan. Pasalnya, selain membuat tidur tidak nyenyak, proses pencernaan makanan juga akan terganggu saat tidur sehingga berisiko menyebabkan radang usus.



    Mandi
    Proses pencernaan membutuhkan banyak energi dan didorong oleh sirkulasi peredaran darah yang lancar. Saat mandi, peredaran darah akan berpusat di tangan dan kaki, sehingga membuat sistem pencernaan melemah. Tunggulah beberapa saat setelah makan, baru kemudian mandi.



    Makan Buah
    Makan buah setelah makan juga tidak dianjurkan, karena sistem pencernaan akan mencerna makanan berat yang masuk terlebih dulu. Hal ini membuat buah yang Anda makan setelahnya mengantri untuk dicerna. Jika terlalu lama untuk dicerna, nutrisi penting dalam buah akan hilang sebelum diserap tubuh. Sifat buah yang mampu mefermentasikan makanan juga bisa membuat perut kembung. Lebih baik, konsumsi buah sebelum makan. (Amanda Utari/VP/Image: iStockphoto/Thinkstock)