Career

Saatnya Promosi Jabatan!

  by: Redaksi       26/5/2014
  • Sudah lama bekerja, tapi belum mendapatkan promosi jabatan? Jangan langsung memutuskan resign, dear. Mungkin yang Anda perlukan hanya mengikuti tip dari Cosmo berikut.

    Catatan Prestasi
    Sebelum mengajukan promosi jabatan, pastikan dulu Anda sudah memiliki deretan prestasi membanggakan sebagai “amunisi”. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengajukan kenaikan jabatan kepada atasan.

    Inisiatif
    Memiliki inisiatif dalam dunia kerja dapat menjadi nilai plus, misalnya dengan mengajukan diri dalam membantu proyek tertentu, atau memberikan ide dan gagasan baru. Biasanya, atasan menyukai sikap seperti ini karena Anda dilihat dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan.



    Tambah Keahlian dan Perluas Networking
    Sebelum mengajukan promosi jabatan, ada baiknya Anda menambah keahlian yang dimiliki dan memperluas networking kerja. Cobalah pilih beragam keahlian yang dapat menunjang jabatan yang menjadi target Anda, misalnya ikut kursus Bahasa Prancis karena banyak klien potensial Anda yang berkewarganegaraan Prancis. Begitu pun dengan networking, Anda dapat menambah klien bisnis yang berhubungan dengan bidang pekerjaan.



    Belajar dari Senior
    Jika beragam cara telah dilakukan dan Anda tak kunjung mendapatkan promosi jabatan, saatnya bertanya pada senior. Cobalah sharing dan ikuti langkah senior yang telah mendapatkan promosi jabatan lebih dulu. Tentunya mereka akan lebih paham dengan kondisi perusahaan dan bos Anda.

    Menjaga Penampilan
    Penampilan memang bukan unsur utama dalam penilaian kerja. Namun, ada baiknya Anda meningkatkan penampilan sehingga dapat merepresentasikan perusahaan dengan baik di depan klien. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih profesional. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)