Better You

Tetap Fit Selama Menstruasi

  by: Redaksi       30/5/2014
  • Sering merasa lemas dan tidak bertenaga saat sedang menstruasi? Ditambah lagi berbagai aktivitas jadi terganggu karena nyeri atau kram di perut dan emosi yang tidak stabil. Begitu banyaknya gangguan saat period ternyata bisa diatasi bila kandungan zat besi dalam darah Anda cukup. Berikut tip tetap fit selama datang bulan dari Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK.

    1. Pola makan sehat adalah kunci tubuh tetap bugar selama menstruasi. Perhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi, pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda. Jangan lupa bahwa jenis makanan yang dikonsumsi juga harus bervariasi dengan komposisi seimbang dan jadwal makan yang teratur.
    2. Mengonsumsi bahan makanan sumber zat besi seperti daging, telur, dan kacang-kacangan untuk mencegah kekurangan sel darah merah akibat kekurangan zat besi.
    3. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi ke dalam darah.
    4. Mengonsumsi asam folat aktif yang berasal dari sayuran hijau, jeruk, dan gandum untuk meningkatkan produksi sel darah merah. (Eunike Freskanta Bukit/FT/Image: iStock/Thinkstock)