Better You

Membaca Kesehatan Tubuh Lewat Mulut dan Gigi

  by: Redaksi       1/5/2015
  • Selama gigi terlihat putih saat berkaca di cermin, Anda mungkin tidak akan memberikan banyak perhatian tentang kesehatan mulut dan gigi. Padahal beberapa masalah sederhana pada mulut dan gigi dapat menjadi pertanda dari masalah yang lebih serius di tubuh Anda.

    Gusi Berdarah

    Gusi yang berdarah setelah menyikat gigi dapat menjadi gejala awal dari penyakit ginggivitis atau radang gusi. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat membuat gigi Anda tanggal, lho. Tidak hanya itu, bakteri yang menyebabkan gusi berdarah juga dapat masuk ke pembuluh nadi dan berakhir pada terganggunya fungsi jantung. Beberapa penelitian juga telah menemukan adanya kaitan antara bayi yang lahir prematur dengan gusi berdarah.



    Gigi Ngilu

    Rasa ngilu yang tiba-tiba muncul pada gigi saat menggigit atau mengunyah adalah salah satu indikasi dari karies gigi atau yang lebih dikenal dengan gigi berlubang. Rasa ngilu tersebut juga menunjukkan kalau gigi Anda adalah gigi sensitif. drg. Robert Lessang dari Fakultas Kedokteran Gigi Univeritas Indonesia mengatakan masalah tersebut dapat diatasi dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung potassium nitrat dan strontium chlorida. Apabila rasa ngilu terjadi pada gigi atas, ada kemungkinan Anda mengalami infeksi sinus.

    Bibir Kebas

    Bibir yang mati rasa dapat disebabkan oleh stres, hormon, alergi, kekurangan asam folat, hingga mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam. Lebih dari itu, bibir kebas juga menjadi indikasi awal dari penyakit gangguan sistem imun dan kanker mulut. Jika rasa kebas tidak hilang selama lebih dari dua minggu dan bibir membengkak serta berubah warna menjadi merah atau putih, sudah saatnya Anda periksa ke dokter.



    Mulut Terasa Seperti Besi

    Anda kerap mengecap rasa besi di mulut? Ini mengartikan tubuh Anda kekurangan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan bagi sistem imun tubuh. Zat ini berperan dalam pembelahan sel, pertumbuhan sel, penyembuhan luka, dan pemecahan karbohidrat. Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat mengganggu sistem imun. Tidak hanya itu, zat besi juga dibutuhkan untuk indra penciuman dan rasa.

    Bau Mulut

    Ladies, jangan sepelekan masalah bau mulut Anda. Hal ini karena bau mulut tidak sedap menandakan adanya masalah yang lebih serius pada tubuh. Jika bau mulut tetap ada meski telah menyikat gigi dengan baik, Anda mungkin memiliki masalah pada gusi atau lambung. Bahkan, bau mulut juga menandakan adanya masalah pada pernapasan hingga gagalnya fungsi hati.  (Hana Devarianti/VP/Image: Zoonar RF/Zoonar/Thinkstock)