Better You

Baca Kesehatan Tubuh Lewat Kulit Anda

  by: Redaksi       3/5/2015
  • Kulit yang mulus dan berkilau tidak hanya menggambarkan kecantikan saja. Kulit Anda juga mencerminkan banyak hal dari kesehatan tubuh. Beberapa perubahan pada kulit di bawah ini menjadi tanda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

    Kulit Kering

    Ladies, mulai sekarang jangan sepelekan kulit yang kering. Pasalnya, kulit yang kering adalah pertanda kalau Anda kekurangan vitamin A dan asam lemak esensial seperti omega-3 atau zinc. Tidak hanya itu, kulit kering serta rambut dan kuku yang rapuh juga salah satu gejala dari penyakit tiroid.

    Bibir Kering

    Kurangnya cairan dalam tubuh bukan satu-satunya penyebab dari bibir yang kering, dear. Kekurangan nutrisi yang penting bagi metabolisme sel seperti vitamin B seperti niacin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B5), dan vitamin B6 juga dapat membuat bibir Anda kering. Bibir kering juga bisa terjadi ketika tubuh tidak menerima asam folat yang cukup.

    Kulit Keabu-abuan



    Ada banyak hal yang menyebabkan kulit berubah warna menjadi abu-abu. Kurangnya oksigen, tuberculosis (TBC), pneumonia adalah salah satu penyebabnya. Kulit keabu-abuan juga bisa menandakan kalau Anda akan mengalami serangan jantung. Penyakit serius lainnya yang dapat menyebabkan kondisi kulit ini adalah peritonitis atau peradangan pada jaringan perut yang disebabkan oleh bakteri atau jamur, serta kanker.

    Sangat Sensitif Terhadap Sinar Matahari



    Jika kulit yang mudah memerah, kering, luka, hingga kehilangan pigmentasi sebaiknya Anda waspada. Kulit yang sangat sensitif terhadap sinar matahari adalah salah satu gejala dari penyakit autoimun. Atutoimun adalah keadaan ketika sistem kekebalan tubuh mulai menyerang dan menghentikan sel-sel sehat dan jaringan dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, penyakit ini termasuk dalam sepuluh penyebab utama kematian di kalangan wanita. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. Karichkina / iStock / Thinkstock)