Beauty

Kulit Terbakar Matahari? Ini Solusinya!

  by: Ainjia Phioltia Paat       13/5/2015
  • Lupa mengoleskan sunscreen atau terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari bisa mengakibatkan kulit terbakar matahari. Hasilnya kulit pasti perih, panas, dan terasa tidak nyaman. Simak tip dari Cosmo berikut untuk mengatasi sunburn.

    1. Kompres Air Dingin dan Susu Segar
    Area kulit yang terbakar biasanya terlihat memerah dan agak bengkak, mengompres area tersebut membantu meredakan kulit. Sensasi rasa dingin dari air membantu menghilangan rasa panas dan perih pada kulit, sementara kandungan protein dan level pH yang tepat akan membuat kulit tenang.
    2. Oleskan Krim Hydrocortison
    Untuk mengurangi pembengkakan, segera oleskan krim anti-inflammatory seperti 1% hydrocortisone cream pada area kulit yang terbakar.
    3. Hindari Memakai Sabun
    Kandungan dalam sabun akan memperparah rasa perih di kulit. Jika Anda harus memakai sabun, pakailah sabun yang lembut dan hindari bubble bath.
    4. Lembapkan Kulit Anda
    Kulit yang lembap mempercepat proses penyembuhan. Pilih pelembap tanpa alkohol atau agen anti penuaan seperti retinol atau hydroxy acid agar tidak memperparah kondisi kulit.
    5. Tidak Menggaruk Atau Mencabut Bekas Luka
    Cosmo tahu bekas sunburn pasti terasa gatal dan tidak nyaman, namun sebisa mungkin tahanlah tangan Anda untuk tidak mengutak-atik bekasnya karena bisa memperparah kondisi kulit, mengakibatkan bekas luka sulit hilang maupun warna kulit menjadi tidak rata. So, be patient.


    (Marine Widya/AP/Image: various)