Better You

Yuk, Santap Kacang Hijau—It’s Good for YOU!

  by: Silvya Winny       12/5/2015
  • Pasti Anda sudah familiar dengan bubur kacang hijau—“dessert” yang sering Anda santap tapi jarang Anda memikirkan manfaatnya bagi kesehatan. Well, Cosmo is here to remind you! Ternyata banyak, lho khasiat kacang hijau (atau mung beans), terutama untuk wanita. Simak!

    Nutrisi Baik
    Praktisi Ayurveda telah mengonsumsi kacang hijau sejak dahulu kala karena merupakan jenis makanan yang jatuh dalam kategori tri-doshic, yang berarti cocok sebagai suplemen untuk semua tipe personality. Well, no wonder—kacang hijau mengandung potasium, magnesium, serat, dan vitamin B6 yang ampuh membantu mencegah age-related disease seperti penyakit jantung dan hipertensi.

    Baik Untuk Wanita
    Kandungan magnesium (yang menurut suatu studi, konsumsinya oleh wanita tergolong kurang) dapat mengurangi stres dan memperbaiki sel otot setelah berolahraga. Sementara kandungan folate dan vitamin B6 bagus untuk dikonsumsi selama masa haid dan kehamilan.



    Phenolic Wonder
    Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health mengungkap kalau kacang hijau sarat zat phenol yang dapat membantu mencegah kanker payudara. Bila dimakan dua kali seminggu kacang hijau dapat mengurangi potensi terkena kanker payudara sebesar 24%.



    Assist in weight loss
    Yup, kunci dari menurunkan berat badan adalah menyantap makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Menurut Journal of Nutrition, salah satu dari makanan tersebut adalah kacang hijau yang sarat serat dan protein yang mampu mendongkrak hormon cholecystokinin yang dapat menahan lebih lama rasa kenyang Anda.

    Eat them naturally
    Bubur kacang hijau biasanya merupakan kombinasi dari kacang hijau dan santan yang berpotensi mengurangi efek kesehatannya. Cara yang lebih baik: rebus kacang hijau, masukkan dalam blender, dan, voila!, you got your superhealthy green smoothies right there! Cosmo lebih suka meminumnya tanpa gula (the taste is deliciously nutty) tapi bila Anda lebih memilih rasanya sedikit manis tambahkanlah gula aren atau brown sugar. (Sahiri Loing / SW / Foto: Worapat Maitriwong / iStock / Thinkstock)