Better You

5 Hal yang Ternyata Buat Anda Kian “Mengembang”

  by: Adya Azka       14/5/2015
  • Mendapatkan tubuh ideal adalah idaman setiap wanita. Beberapa dari Anda mungkin telah mengontrol asupan makanan hingga melakukan kegiatan olahraga yang membakar kalori. Namun, ternyata ada hal-hal lain yang berkontribusi terhadap stagnannya angka di timbangan. Ini adalah beberapa hal yang secara mengejutkan dapat membuat Anda malah semakin “mengembang”.

    Penggunaan Internet Berlebih

    Menurut penelitian yang diterbitkan The Journal of Pediatrics, terlalu lama menggunakan internet berpotensi membuat gendut. Browsing di situs favorit, menonton video lucu, atau “kepo” lewat media sosial mudah membuat Anda lupa waktu. Tanpa disadari Anda telah melakukan hal-hal yang tidak sehat seperti tidak berolahraga, memakan cemilan tidak sehat, atau bahkan tidur terlalu malam.



    Kekurangan Vitamin D

    Jumlah vitamin D yang minim dalam tubuh juga ternyata membuat Anda semakin “mengembang”. Kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan kasus obesitas. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas biasanya memiliki tingkat vitamin D yang rendah dalam darah. Sebuah penelitian kecil membuktikan bahwa menambah asupan vitamin D dalam tubuh dapat membuat seseorang lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

    Perokok Pasif

    Anda sudah tahu kalau rokok tidak baik bagi kesehatan dan memutuskan untuk tidak menjadi perokok. Namun, menjadi perokok pasif juga memiliki efek yang serius bagi tubuh. Tidak terkecuali menambah angka pada timbangan. Studi yang diterbitkan oleh American Journal of Physiology mengatakan, menjadi perokok pasif akan memicu perubahan sel yang menghasilkan kenaikan berat badan. Para ahli menemukan bahwa asap rokok mengganggu fungsi dan kemampuan sel mitrokondria untuk merespon insulin. Hal ini membuat tubuh terus-menerus menghasilkan insulin yang dapat menambah lemak dalam tubuh.



    Mencoba Resep dari TV

    Anda yang suka mencoba resep makanan dari TV patut kecewa, karena sebuah studi menemukan bahwa resep makanan pada acara memasak di TV memiliki kalori dan lemak yang lebih tinggi dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia. Bahkan, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Appetite, wanita yang mencoba resep dari TV memiliki massa indeks tubuh atau BMI lebih tinggi dan rata-rata lebih berat 4 kilogram!

    Hubungan yang Bahagia

    Percaya atau tidak, hubungan yang bahagia juga berpotensi menambah angka pada timbangan Anda. Menurut penelitian Health Psychology, pasangan yang memiliki hubungan bahagia cenderung kurang tidak lagi memerhatikan penampilan di depan pasangan. Hal ini mendorong rendahnya motivasi untuk memiliki pola hidup sehat. Hmmm... Saatnya mengganti membuat program makan sehat dan agenda olahraga bersama dengan pasangan, ladies! (Hana Devarianti/VP/Image: Alliance/iStock/Thinkstock)