Career

6 Hal yang Tidak Pernah Dikatakan Wanita Sukses

  by: RedaksiCosmopolitan       15/5/2015
  • Satu rahasia dari seseorang yang sukses adalah mereka bijak dalam mengatakan sesuatu. Perkataan dapat menjadi “mantra” yang membuat Anda sukses atau bahkan sebaliknya. Berikut ini adalah 6 hal yang tidak akan pernah meluncur dari mulut wanita sukses.

    “Saya Tidak Tahu Caranya”
    Seseorang yang cerdas akan lebih mudah untuk mencapai kesuksesan. Ketika dihadapkan dengan hal baru, mereka tidak akan menyerah dan menunggu orang lain memberitahu hal-hal yang harus dilakukan. Mereka lebih memilih untuk mencari tahu sendiri cara melakukannya. Mereka mengamati orang lain, mengajukan pertanyaan, dan mempelajari trik-trik yang dapat membantu mereka dalam penyelesaikan tugas. Hasilnya, mereka dapat menyelesaikan tugas dengan maksimal. Ini membuktikan kalau semua hal akan menjadi lebih mudah ketika Anda mau belajar untuk melakukannya.

    “Saya Tidak Punya Waktu”
    Setiap orang, entah itu Anda, sang atasan, atau presiden sekalipun, memiliki jatah waktu yang sama. Ketika 24 jam terasa tidak cukup, Anda belum menerapkan cara manajemen waktu yang tepat. Bahkan, dengan mengucapkan “Saya tidak punya waktu” sama saja dengan menolak untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebaiknya katakan, “Saya hanya punya waktu 20 menit, saya akan berusaha untuk menyelesaikannya,” agar menjadi lebih produktif.



    “Ya”... untuk Semua Hal!
    Mengatakan “Ya” untuk semua undangan rapat, acara, dan koferensi tidak akan meningkatkan karier, dear. Hal ini bahkan dapat membuat Anda tidak fokus dan stres sehingga produktivitas berkurang. Pada kenyataannya, Anda tidak dapat (dan harus) berkomitmen pada semua hal. Mengatakan “tidak” adalah sahabat dari wanita sukses. Mereka tahu hal-hal apa saja yang menjadi prioritas.

    “Saya Tidak Digaji dengan Layak”
    Uang memang penting, tetapi jangan sampai hal ini membutakan Anda. Wanita sukses tidak menjadikan uang sebagai persoalan yang utama. Mereka tahu uang akan datang ketika Anda mampu menyelesaikan tugas dengan maksimal – atau bahkan melebihi ekspektasi. Jika ingin membangun karier dari pekerjaan yang telah dimiliki, jangan biarkan hal ini meracuni pikiran dan membuat Anda malas bekerja.




    “Ini Tidak Adil”
    Klise jika mengatakan kalau hidup tidak pernah adil. Wanita sukses tidak pernah membiarkan rasa tidak adil menghantui mereka. Sebaliknya, mereka menggunakan kemampuan untuk mendorong perubahan dan fokus pada apa yang bisa dilakukan, bukan menjadi korban dari “takdir”. Terus-menerus mengeluh akan ketidakadilan tanpa berbuat apa-apa hanya akan menghambat Anda. Lebih baik fokus pada pengembangan keahlian yang dimiliki.

    “Saya Tidak Pernah Liburan”
    Oh dear, selalu bekerja tidak akan meningkatkan karier Anda. CEO perusahaan ternama saja selalu menyempatkan waktu untuk berlibur, masa Anda tidak? Wanita sukses tahu kapan harus berhenti sejenak dari pekerjaan dan berlibur yang dapat me-recharge semangat. Liburan penting untuk menjaga fokus dan stamina. Bahkan, hal ini dapat membuat kreativitas mengalir deras. Intinya, semua orang butuh liburan, tidak terkecuali Anda. (Hana Devarianti/VP/Jacob Wackerhausen/iStock/thinkstock)