Better You

Menu Sarapan Baru yang Lebih Sehat: Muesli

  by: RedaksiCosmopolitan       18/5/2015
  • Belakangan pamor muesli sebagai menu sarapan kian meningkat lantaran dianggap lebih sehat dibandingkan sereal biasa ataupun cornflakes. Is it true? Berikut fakta tentang menu yang bermula dari Swiss ini yang wajib Anda ketahui sebelum meluncur ke supermarket...

    • Muesli terdiri dari beragam bahan yang telah dikeringkan, seperti biji-bijian (seperti oats), buah, gandum, dan kacang-kacangan, dengan tambahan protein dan asam lemak Omega 3. Kombinasi tersebut menghasilkan sarapan kaya serat yang ampuh menjaga kesehatan sistem pencernaan dan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
    • Muesli memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit daripada sarapan sereal Anda. “Namun yang perlu diperhatikan juga adalah memilih produk muesli yang menggunakan sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali buah kering karena buah kering lumayan tinggi kandungan gulanya,” ujar Jocelyn Halim, Director of Nutrition Slim Gourmet.
    • Namun Jocelyn tidak bisa mengatakan semua produk muesli itu sehat bagi Anda—semua itu bergantung pada cara pembuatannya. Ambil contoh granola yang merupakan “kerabat” terdekat muesli: “Granola biasanya lebih tinggi kadar gula dan kalorinya karena penambahan lemak, sirup, dan/atau gula saat proses toasting-nya supaya bahan-bahannya menempel sempurna,” papar Jocelyn. Muesli pun bisa diproses dengan cara yang sama sehingga membuatnya jadi kurang sehat.
    • So how to pick the healthiest one? Carilah produk muesli yang ‘Unroasted’ atau menawarkan ‘Mixture of Healthy Fats [from nuts and seeds] and Limited Dry Fruits’. “Atau bisa juga baca informasi nutrisinya lalu pilih yang menawarkan ‘di bawah 20 gram karbohidrat per saji dan/atau kurang dari 3g saturated fat per 100 gram,” pungkas Jocelyn. (Sahiri Loing / SW / Image: Olha_Afanasieva / iStock /Thinkstock)