Better You

Trik Sukses yang Simpel: The Mirroring Effect

  by: RedaksiCosmopolitan       19/5/2015
  • Pernahkan Anda meniru gerak-gerik lawan bicara Anda saking Anda menikmati momen bersama mereka? Well, terkadang gestur ini memang bisa terjadi secara tak sadar, tapi bila Anda dapat mengontrolnya dalam interaksi profesional Anda maka hal tersebut mampu mendongkrak karier Anda secara signifikan lho. Here’s why...

    1. Mirroring merupakan suatu tanda nonverbal kalau Anda menyukai lawan bicara Anda, makanya hal ini tak akan Anda temui antara dua orang asing. Gestur seperti menyilangkan kaki (apalagi yang diarahkan ke satu sama lain) mensinyalkan “as you can see, I think the same as you, so I will copy your posture and gestures.

    2. Seorang pimpinan yang ingin membangun suasana atau relasi kerja yang nyaman dan baik dengan bawahan bisa mencoba mirroring, atau kebalikannya, bila Anda ingin diperhatikan oleh sang bos maka bisa mencoba mereplikasi gerakannya. Dan hal ini—bila dilakukan dengan baik dan tidak kentara—bisa sangat efektif untuk memengaruhi keputusan orang lho. The trick is: jangan sampai lawan bicara sadar Anda tengah meniru gerakannya—it should look natural. Maka coba alihkan perhatian dengan senyuman atau pembawaan yang ramah.





    3. And here’s another useful trick of mirroring: cara ini bisa digunakan di hadapan mereka yang sok superior. Why? Untuk membuyarkan persepsi kalau mereka yang paling “berkuasa”. Mereka kerap menunjukkan gestur-gestur seperti menaruh kedua tangan di belakang kepala lalu menyilangkan untuk menunjukkan kalau status atau posisi mereka berada di atas lawan bicara. Buat mereka tidak nyaman dan ambil alih kontrol dengan meniru berbagai gerakan mereka. Show ‘em who’s really in control, ladies! (Sahiri Loing/SW/Image: IPGGutenbergUKLtd/ iStock/ Thinkstock)