Beauty

Bagaimana Mengenakan Tabir Surya dengan Benar

  by: Ainjia Phioltia Paat       21/5/2015
  • Ternyata, memilih dan mengaplikasikan sunscreen yang tepat tidak serepot yang Anda bayangkan, kok! Berikut langkah-langkah terbaik tentang perlindungan kulit dari efek buruk sinar matahari!

    - “SPF” pada sunscreen bertugas memberi proteksi dari sinar UVA. Mayoritas dermatologist merekomendasikan SPF 30 untuk penggunaan sehari-hari dan SPF 50+ untuk aktivitas outdoor yang intens. Sunscreen yang Anda miliki juga harus berlabel “broad-spectrum” yang berguna sebagai perisai kulit dari sinar UVA.

    - Aplikasikan sunscreen sebelum memakai bathing suit agar seluruh tubuh dan wajah dapat terlapisi secara merata. Meski begitu, Anda tetap harus memilih bahan pakaian yang tidak terlalu sheer, karena bahaya sinar UV tetap dapat menembus melalui pakaian.



    - Sunscreen dalam bentuk spray atau stick memang tampak lebih praktis, namun seringkali tak mampu melindungi secara maksimal. Sunscreen berbentuk lotion adalah yang paling nyaman dan efektif, karena mampu menjangkau semua bagian kulit.

    - Berapa banyak sunscreen yang harus digunakan pada wajah? Kira-kira separuh sendok teh! Dermatologist dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai, Heidi Waldorf, menyarankan untuk mengaplikasikannya secara bertahap. Aplikasikan setengahnya, biarkan meresap lalu lakukan lapisan kedua.




    - Sunscreen harus diaplikasikan paling tidak 20 menit sebelum Anda keluar rumah agar mampu meresap dengan sempurna. Pastikan Anda tak melupakan bagian telinga, punggung tangan, punggung kaki, dada dan belakang leher.

    - Perhatikan waktu. Jika Anda berjemur atau berada di bawah terik matahari terus-menerus, aplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali. Jika Anda berenang atau melakukan exercise di luar ruangan, ulangi penggunaan setiap satu jam sekali. Namun jika Anda hanya duduk di kubikel di kantor, sunscreen dengan SPF 30 akan cukup untuk sepanjang hari.
    Jangan hanya mengandalkan sunscreen. Agar kulit tetap sehat dan terjaga dari bahaya paparan matahari, hindari keluar ruangan tepat di tengah hari saat sang surya sedang terik-teriknya. Anda juga dapat menggunakan payung, topi dan sunglasses sebagai alat bantu perlindungan. (Poppy Septia/AP/Image: various)