Career

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jadi Freelancer

  by: RedaksiCosmopolitan       21/5/2015
  • Saat ini banyak orang tertarik untuk bekerja freelance. Kesan bebas dan tidak terkekang waktu kerja, membuat beberapa orang memilih untuk meninggalkan status sebagai karyawan kantor. Tapi, sebelum Anda memutuskan menjadi seorang freelancer, ada baiknya perhatikan dulu lima hal berikut ini.

    1. Cari Informasi Mengenai Klien
    Banyaknya orang yang memilih bekerja freelance tentu akan membuat persaingan cukup ketat. Ada baiknya, Anda tentukan terlebih dulu bidang pekerjaan yang akan ditekuni. Setelah itu, kenali klien-klien yang berpotensi akan menggunakan jasa Anda. Cari informasi yang banyak mengenai klien tersebut agar kerja sama dapat terjalin dengan mudah.

    2. Perhatikan Kontrak Kerja
    Menjadi seorang freelancer bukan berarti Anda tidak perlu memedulikan kontrak kerja. Pasalnya, dalam kerjasama yang terjalin antara Anda dan klien harus memiliki aturan dan hukum yang jelas di atas kertas. Hal ini penting agar tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.

    3. Ikuti Ritme Kerja Klien
    Setelah Anda deal untuk bekerja sama dengan klien, coba cari tahu ritme kerja tim mereka. Sebaiknya, Anda ikuti ritme kerja yang sudah berlangsung dalam tim tersebut dengan begitu kerja sama akan terjalin dengan mudah.



    4. Patuhi Deadline
    Nah inilah yang perlu digaris bawahi. Siapa bilang jika bekerja freelance bisa berleha-leha dan bebas mengerjakan tugas semau Anda? Sebagai seseorang yang profesional di bidangnya, Anda harus patuh dengan deadline yang sudah ditetapkan klien. Jika tidak bisa memenuhi target tersebut, hmm bersiaplah jika reputasi Anda menurun dan lebih parahnya klien bisa kehilangan kepercayaannya terhadap Anda.



    5. Memberi Lebih
    Curi perhatian klien dengan pengerjaan tugas secara maksimal. Dan tak ada salahnya jika Anda ingin memberikan bonus-bonus untuk klien agar mereka senang. Jika klien puas dengan pekerjaan Anda, bersiaplah untuk kerja sama yang selanjutnya. (Adhia Azka/VP/Image: various)