Lifestyle

5 Tujuan Wisata untuk Melihat (atau Mengikuti) Perayaan Waisak

  by: Redaksi       22/5/2015
  • Perayaan hari besar Waisak akan jatuh pada tanggal 2 Juni mendatang. Jika Anda ingin ikut dan menyaksikan upacara sakral dari agama Budha ini, Cosmo berikan lima opsi tempat untuk Anda kunjungi. (Salli Sabarrang / VP / Image: various)

     


    Brickfields, Malaysia

    Ribuan umat Budha berkumpun di vihara yang berada wilayah Brickfields, Kuala Lumpur untuk merayakan hari Waisak. Perayaan hari Waisak di Maha Vihara Brickfields dimulai dengan pengibaran bendera Budha, diikuti dengan menyanyikan gita puja. Pada hari spesial ini, para umat juga melakukan berbagai kegiatan seperti melantunkan paritta dan sutta/sutra, memberikan dana kepada para bhikkhu, juga tidak ketinggalan melakukan donor darah dan organ di vihara tersebut.


    Kong Meng San Phor Kark See, Singapura

    Untuk ikut merayakan Waisak di Singapura cobalah bertandang ke biara Kong Meng San Phor Kark See. Selain menyaksikan para umat Budha bermeditasi, Anda pun bisa melihat secara langsung beberapa biksu melakukan upacara Tiga Langkah Satu Sujud juga beberapa ritual keagamaan lainnya yang tak kalah menarik.




    Chiang Kai Shek, Taipei

    Jangan lupa untuk berkunjung ke Chiang Kai Shek di Taipe saat perayaan kelahiran Budha. Di sini Anda akan menyaksikan sekitar 40.000 umat Budha berkumpul dan secara bergiliran membungkuk, mencelupkan jari dalam air sambil memegang kuncup bunga dan memegang telapak tangan mereka bersama-sama. Untuk menciptakan efek visual yang dramatis, upacara religius di Taipe ini diadakan setelah gelap.


    Candi Borobudur, Indonesia.

    Tak sempat ke luar negeri untuk perayaan Waisak? Tenang ladies, karena Indonesia pun punya tempat spesial untuk memeringati perayaan hari besar Waisak yang spektakuler tersebut. Yup, bertempat di Candi Borobudur Yogyakarta, keriaan upacara sakral ini begitu terasa magical karena adanya upacara pelepasan ribuan lampion ke langit yang akan membuat Anda terpesona.