Career

Tip Penting untuk Atur Keuangan Anda

  by: Adya Azka       22/5/2015
  • Ada beberapa prinsip “sakral” yang wajib Anda patuhi bila ingin hidup Anda bebas dari kekhawatiran finansial. Berikut adalah beberapa di antaranya. Simak!

    Bayar Tagihan Kartu Kredit Anda Tepat Waktu
    Ugh, Cosmo tahu Anda pasti deg-degan tiap kali mendapatkan surat tagihan kartu kredit Anda, apalagi dalam sebulan terakhir hampir setiap hari Anda menggunakan jasa mobil Uber. Namun setidaknya bayarlah tagihan minimum Anda, dear. Karena kalau tidak Anda bayar, jumlah tagihan akan terus berlipat ganda dan pihak bank akan terus-menerus menghubungi Anda bak kekasih yang posesif. But try this discipline, ladies: mungkin Anda sebulannya Anda hanya bisa bayar Rp.500.000, that’s okay, tapi konsistenlah membayar dengan jumlah tersebut tiap bulannya walaupun tagihan minimum Anda sebenarnya berkurang. Dengan syarat Anda tidak memakai kartu kredit Anda lagi, trik ini dapat mempercepat pelunasan tagihan kartu kredit Anda!

    Jangan Investasi Saham Bila untuk Jangka Pendek
    Why? Meskipun janji bunganya menggiurkan, namun yang harus Anda ingat adalah investasi jangka panjang cenderung berfluktuasi dan Anda baru akan mendapatkan return yang cemerlang sesuai masa investasinya. (FYI, beberapa investasi mengenakan penalti lho bila Anda menarik sebelum waktunya.) Jadi jangan sampai Anda menaruh semua uang Anda di investasi jangka panjang dengan harapan lima tahun lagi jumlahnya akan senantiasa bertambah. Big NO, ladies—tabunglah uang tersebut di deposito atau investasi jangka pendek seperti pasar uang yang lebih aman dan di mana uang tersebut lebih gampang diakses tanpa penalti.



    Jangan Pinjam Uang ke Keluarga
    Well, kecuali orangtua atau tante Anda memang tak keberatan sebagian tabungannya dilepas ke Anda. Tapi kalau Anda tahu sebelumnya keluarga Anda sangat perhitungan, dan tidak mau mengambil risiko menimbulkan perpecahan antarkeluarga, maka lebih baik urungkan niat untuk meminjam. Atau kalau memang sangat genting, buatlah suatu perjanjian hitam di atas putih yang mencantumkan janji Anda akan melunasinya plus bunga dalam jangka waktu tertentu. You know what they say, business is business (atau dalam kasus ini, money is money).



    Beli Asuransi Berjangka
    Di Indonesia cenderung ada kerancuan antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. They should be two different things. Tapi nyatanya di sini manfaatnya kerap digabung, dan biasanya manfaatnya seumur hidup (atau yang kerap disebut universal insurance). But did you know, ladies: Anda tidak mesti terus membayar asuransi jiwa sampai akhir hayat Anda, lho. Di luar negeri, asuransi jiwa dirancang untuk anggota keluarga—semisal istri atau anak—tapi bila anak Anda sudah cukup umur untuk menanggung hidupnya sendiri, maka sudah waktunya Anda stop memiliki asuransi jiwa, dan premi yang Anda bayarkan (atau nominal tertentu yang dijanjikan oleh pihak asuransi) pun akan dikembalikan lagi. That’s why it’s called term insurance.” Maka kalkulasikanlah berapa lama Anda perlu asuransi jiwa untuk loved ones Anda (yang bisa termasuk orangtua). Lebih baik investasi ke asuransi kesehatan yang BEBAS unit-link walaupun Anda sebenarnya sudah ditanggung oleh kantor. (Sahiri Loing / SW / Image: iStock / Thinkstock)

    tags: asuransi, uang, wanita