Better You

7 Kualitas yang Pasti Dimiliki Oleh Orang Produktif

  by: Adya Azka       23/5/2015
  • Coba baca tujuh kualitas di bawah: apakah Anda memiliki beberapa—atau bahkan semua—kualitasnya? Congrats, you’re a productive person. Kalau tidak ada sama sekali, well, pelajari, terapkan, dan amatilah betapa setelahnya karier Anda akan segera melambung!

    Orang Produktif Menangani Pekerjaan Tanpa Diminta atau Bahkan Persetujuan
    Teman-teman Anda mencibir kalau ide bikin blog tentang food styling hanya buang-buang waktu? Atau karena proposal untuk memaksimalkan divisi social media perusahaan Anda? Who cares. Orang yang produktif akan tetap mengerjakan hal-hal yang mungkin orang lain anggap buang-buang waktu atau tidak signifikan. Tentu Anda akan mempertimbangkan opini pimpinan atau kolega, tapi pada akhirnya, you will try to live up to your own standards.

    Orang Produktif Melihat Rasa Takut Sebagai Tantangan Yang Mesti Dihadapi
    Normal, kok untuk merasa keringat dingin tiap kali menghadapi tantangan baru, tapi orang produktif tak akan pernah menciut nyalinya karena hal tersebut. Kerap ketakutan kalau mesti presentasi atau public speaking? Temukan solusi untuk mengatasinya—semisal berulang kali mengatur pernapasan, meregangkan badan, minum segelas air—supaya produktivitas Anda tak berhenti tengah jalan.



    Orang Produktif Tetap Bisa Bekerja Walau di Hari Terburuk
    Tak ada “rintangan” seperti hujan atau “Hari Kejepit Nasional” yang akan membuat mereka setidaknya melakukan sesuatu yang produktif. Seharian nonton televisi bukanlah opsi karena mereka tahu kebiasaan baik dan disiplin membutuhkan waktu dan effort. And they know success will not be available to you if you’re sitting on your ass all day long. Resapilah kata-kata bijak (silakan ganti profesinya) dari penulis Norman Mailer berikut ini: “Being a real writer means being able to do the work on a bad day.

    Orang Produktif Tahu Kreativitas Berasal Dari Usaha, bukan Inspirasi
    Terkadang kita sering menunggu inspirasi supaya bisa mulai mengisi lembaran putih kosong di monitor Anda, atau mungkin berpikiran tidur siang dulu deh supaya otak bisa kembali segar. Wrong, ladies! Ya, memang terkadang suatu ide atau kreativitas bisa saja datang dengan sendirinya dan membuahkan hasil memuaskan bagi karier Anda, but most of the time, kalau Anda “memaksakan” diri untuk mengerjakan tugas Anda maka ide-ide tersebut akan segera mengalir lancar. Find out its magic now!



    Orang Produktif Tidak Bekerja Sendiri
    Yup, there’s no “i” in team. Dan orang produktif sadar penuh mereka tak akan bisa menangani suatu projek besar seorang diri. Atau setidaknya mereka akan meminta masukan atau bantuan entah dari anggota keluarga, sahabat, kolega, pimpinan/mentor dan mereka tidak akan melihat gestur ini sebagai suatu kelemahan.

    Orang Produktif akan Mulai Bekerja Tanpa Menunggu
    Sudah baca semua pointers di atas? Nah, kini waktunya untuk segera memulainya tanpa menunda atau menunggu ilham. Terkadang kita akan mulai produktif ketika orang-orang lain di sekeliling kita mulai bekerja, tapi kalau Anda terus menunggu, well, you’re not really productive, are you?

    Orang Produktif Menetapkan Deadline
    Ya, sama seperti Anda, mereka pun akan menetapkan deadline yang pasti untuk projek mereka. Why? Supaya mereka bisa move on ke tugas lainnya. Now that’s what we call being superproductive! (Sahiri Loing / SW / Image: iStock / Thinkstock)