Better You

Atasi Fobia Ketinggian dengan Cara Berikut

  by: Redaksi       31/5/2015
  • Tak bisa enjoy saat main paralayang hingga sering deg-degan dan takut saat menghadiri rooftop party yang diadakan si bos? Oh dear, mungkin Anda mengalami acrophobia, sebutan untuk orang yang memiliki ketakutan akan ketinggian. Jika Anda termasuk salah satunya, sebelum pergi ke terapis khusus, Anda bisa “mengobati” fobia jenis ini dengan lima tip ampuh berikut.

    Memberikan Sugesti

    Beri sugesti-sugesti positif dalam diri Anda untuk menghilangkan rasa takut. Nantinya sugesti tersebut itu harus diingat terus menerus hingga Anda mulai melupakan ketakutan Anda sendiri.



    Membiasakan Diri dengan Ketinggian

    Cobalah untuk membiasakan diri untuk berdiri atau beraktivitas di tempat yang cukup tinggi berulang kali hingga akhirnya Anda terbiasa, misalnya dengan menaiki tangga di kantor hingga memilih tempat kencan di restoran yang memiliki rooftop. Aktivitas yang dilakukan berulang kali sehingga menjadi kebiasaan akan menciptakan pola baru dalam otak Anda. Dengan begitu, rasa takut Anda diharapkan dapat hilang perlahan karena Anda telah membiasakan diri untuk tidak takut ketika berada di ketinggian.

    Membayangkan Hal Indah di Tempat yang Tinggi

    Biasanya metode yang satu ini ampuh untuk mengatasi acrophobia ringan. Coba bayangkan hal-hal indah ketika berada di ketinggian, misalnya membayangkan serunya bermain terjun payung, melihat romantisnya awan, hingga menikmati cantiknya wajah bumi yang bisa Anda lihat dari atas.

    Melihat Aksi yang Menyenangkan di Ketinggian

    Melihat tayangan televisi atau YouTube yang menyuguhkan aksi menyenangkan di ketinggian bisa jadi cara ampuh lho untuk memberanikan berada di tempat yang tinggi. Nah, setelah terbiasa mengimajinasikannya, pelan-pelan beranikan diri Anda untuk berada di tempat-tempat tinggi dan melakukan sesuatu seperti apa yang telah Anda imajinasikan.



    Tumbuhkan Keberanian

    Coba ingat kembali awal mula mengapa Anda bisa mengalami acrophobia. Ketika Anda sudah mengingat penyebabnya, motivasikan pada diri Anda bahwa sebenarnya semua orang bisa mengalami hal seperti Anda dan berhasil keluar dari segala ketakutan yang ada di dalam pikiran. Motivasi yang dilakukan berulang kali tentu akan menumbuhkan kepercayaan diri dan sekaligus membangkitkan keberanian Anda.

    Hindari Kopi

    Jika Anda memiliki fobia ketinggian tapi harus naik pesawat karena tugas kantor yang mengharuskan Anda pergi ke luar kota atau keluar negeri, sebaiknya hindari mengonsumsi kafein beberapa saat sebelum bepergian. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa jadi berkontribusi pada kecemasan dalam diri Anda yang berhubungan dengan acrophobia. Membatasi atau malah tidak mengonsumsi kafein dapat membantu meredakan rasa cemas Anda.

    Lakukan Relaksasi

    Relaksasi ringan dapat membantu Anda untuk meredam rasa cemas atau gugup saat fobia ini menyerang. Tarik nafas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Lakukan terus hingga rasa cemas dan deg-degan Anda mereda. (Salli Sabarrang / Vidi Prima / VP / Image: doc. BraunS / iStock / Thinkstock)