Beauty

Kenali 7 Jenis Lipstik Ini dan Cara Pengaplikasiannya!

  by: Ainjia Phioltia Paat       30/5/2015
  • Apakah Anda adalah salah satu yang tak bisa membedakan beragam jenis lipstik yang ada di pasaran sehingga sulit menemukan yang paling tepat? Saatnya menjadi ‘wanita sejati’ bersama Cosmo!


    1. Sheer Lipstick

    Lipstik bertekstur sheer tidak memiliki pigmentasi yang kuat. Jika dipulaskan, warnanya tak akan menutupi seluruh warna bibir alami, melainkan hanya menambah sedikit rona. Lipstik jenis ini biasanya memiliki kandungan moisturizer yang tinggi sehingga tepat untuk menjaga kelembapan bibir, layaknya lip balm. Gunakan sebelum lipstik matte favorit Anda atau tak perlu tambahkan apapun untuk everyday look yang natural.



    Try: YSL Volupte Sheer Candy

     

    YSL Volupte Sheer Candy

     

    2. Satin Lipstick

    Seperti sheer lipstick, satin lipstick juga mempunyai tekstur yang lembap dan tidak memberikan full coverage. Warna yang dimiliki bisa saja tampak pekat, namun ketika dipulaskan di bibir akan terasa lembut dan tipis, memberi sedikit kilau dan tidak tahan lama. Jika ingin tampil maksimal dengan lipstik bertekstur satin, ciptakan makeup bergaya Korea. Wanita Korea umumnya menyukai tampilan yang sedikit bercahaya daripada matte.

    Cosmo loves: NARS Satin Lipstick

    NARS Creamy Lipstick

     

    3. Creamy Lipstick

    Creamy lipstick teksturnya sangat nyaman di bibir dan mampu memberikan warna yang intens dengan efek dewy. Sebaiknya aplikasikan creamy lipstick menggunakan kuas setelah memulaskan lip liner dalam warna senada. Lip liner berfungsi untuk menjaga lipstik tetap rapi dan tahan lama. Jika ingin membuat creamy lipstick menjadi matte, cukup tempelkan dan tekan-tekan tisu di atas bibir setelah mengenakan lipstik.

    Must-Have: Bobbi Brown Creamy Lip Color

    Bobbi Brown Creamu Lip Color

    4. Matte Lipstick

    Lipstik bertekstur matte adalah jenis lipstik yang paling dikagumi banyak wanita karena sangat pigmented, tahan lama dan sama sekali tidak berkilau. Belakangan ini, lipstik matte banyak muncul dalam bentuk liquid yang membuatnya semakin mudah diaplikasikan. Namun, lipstik jenis ini biasanya membuat bibir kering dan dapat memperjelas garis-garis bibir. Selain itu, lipstik matte berwarna gelap juga dapat membuat bibir terlihat kecil. Maka, penting untuk memilih rona yang tepat dengan formula pelembap yang cukup baik. Jika Anda sangat menyukai lipstik matte, jangan lupa untuk merawat bibir menggunakan lip balm, bubuhkan madu sebelum tidur dan eksfoliasi bibir secara rutin agar terhindar dari pecah-pecah.

    Cosmo's fave: MAC Matte Lipstick

    MAC Matte Lipstick

    5. Glossy Lipstick

    Lipstik satu ini adalah senjata tepat untuk meraih tampilan bibir yang luscious dan plumpy, karena memiliki efek kemilau yang segar dan membuat bibir tampak lebih penuh. Meski tampak ‘basah’, bukan berarti Anda dapat mengabaikan kelembapan bibir, karena tekstur yang glossy belum tentu dilengkapi dengan emollient yang baik. Eksfoliasi bibir dengan lip scrub lalu aplikasikan lip balm sebelumnya agar bibir terasa halus sempurna dan tampak yummy.

    Try: Laneige Pure Glossy Lipstick

    Laneige Pure Glossy Lipstick



    6. Frosty Lipstick

    Frosty lipstick atau disebut juga pearlescent lipstick adalah lipstik dengan taburan shimmer yang berlimpah, umumnya dalam tekstur yang creamy. Saat dipulaskan, lipstik ini akan melapisi bibir dengan nuansa keperakan dan memberi nuansa icy look yang tidak selalu cocok dengan semua orang. Mungkin itu sebabnya lipstik yang pernah berjaya di tahun 80-an ini tak mampu mampu mempertahankan eksistensinya hingga sekarang. Ingin mencobanya? Gunakan saat costume party atau aplikasikan lipgloss setelahnya agar efeknya lebih modern.

    Try: Mary Kay Creme Lipstick

    Mary Kay Creme Lipstick

     

    7. Lip Stain/Lip Tint

    Diciptakan untuk mempercantik warna alami bibir Anda, menghadirkan warna yang lebih menempel dan tahan lama, tetapi tidak full coverage seperti lipstik. Mayoritas lip tint atau lip stain berbentuk cair, namun beberapa hadir juga dalam bentuk pensil, spidol atau krim. Produk ini merupakan senjata yang tepat untuk menciptakan gradient lips atau just bitten lips yang sedang tren. Caranya, pulaskan lip tint atau lip stain berwarna muda pada seluruh bibir, lalu baurkan warna yang lebih tua dengan jari tangan, hanya pada bagian tengah bibir.

    Cosmo loves: Max Factor Lipfinity Lasting Lip Tint

     

    Max Factor Lipfinity Lasting Lip Tint

     

     

    Baca juga: 

    6 Lipstik Liquid Matte Pilihan Cosmo

    6 Lipstik Paling Memikat dengan Harga Terjangkau

    Cara Mempertahankan Warna Lipstik di Bibir

    4 Cara Agar Lipstik Matte Tak Membuat Bibir Anda Kering!

     

    (Poppy Septia/AP/Image: various)