Lifestyle

Kebiasaan yang Harus Diperhatikan Selama Traveling ke Luar Negeri

  by: Adya Azka       31/5/2015
  • Melancong ke luar negeri selalu menjadi pengalaman yang seru dan tidak terlupakan. Anda akan menemukan banyak hal baru, termasuk kebiasaan-kebiasaan yang ada di negeri tersebut yang tidak selamanya sama dengan kebiasaan di negeri sendiri. Agar liburan berjalan lancar, sebaiknya Anda memerhatikan kebiasaan sederhana yang ada di bawah ini. Travel wisely, dear...

    Membuang Sampah di Restoran Fast Food
    Berbeda dengan di Indonesia, ketika makan fast food di luar negeri, Anda sendiri yang harus membuang sampah bekas makanan ke tempat sampah. Kebanyakan restoran fast food tidak memiliki petugas kebersihan yang khusus ditugaskan untuk membersihkan meja yang berisi bekas makanan pelanggan. Jadi, pastikan Anda membuang sendiri sampah-sampah tersebut agar tidak mendapat lirikan sinis dari warga setempat.

    Perhatikan Sisi Berdiri Anda di Eskalator
    Anda dapat bebas berdiri di sisi manapun ketika menggunakan eskalator di Indonesia. Namun, di banyak negara di luar negeri, ada semacam peraturan tidak tertulis ketika Anda menaiki eskalator. Di Singapura, Australia, Amerika, dan Eropa, misalnya, Anda harus berdiri di sisi kiri karena sisi kanan eskalator digunakan bagi mereka yang ingin berjalan cepat. Berbeda aturan jika Anda mengunjungi Tokyo atau Hong Kong yang memberlakukan aturan jalur cepat di sisi bagian kiri eskalator.



    Menyebrang Pada Tempatnya
    Ladies, pada dasarnya menyebrang sembarangan bukan kebiasaan yang baik. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda melancong ke luar negeri. Tidak menyebrang di zebra cross dan jembatan penyebrangan atau menyebrang saat lampu lalu lintas masih hijau dapat membahayakan jiwa Anda dan pengguna jalan. Selain itu, menyebrang sembarang juga dapat membuat Anda didenda!



    Datang Tepat Waktu
    Di Indonesia, seseorang yang datang lebih awal atau tepat waktu justru menjadi orang yang paling rugi. Ini karena sebagian besar orang akan datang terlambat alias ngaret. Akan tetapi, jangan harap Anda dapat melakukan hal ini ketika berlibur ke luar negeri. Datang tepat waktu atau lebih awal sudah menjadi kebiasaan yang selalu diterapkan sehari-hari. Mereka lebih memilih menunggu daripada harus merasa terburu-buru karena terlambat.

    Mengenakan Safety Belt di Kursi Belakang
    Saat berada di luar negeri, peraturan mengenakan safety belt tidak hanya berlaku di kursi depan. Mereka yang duduk di kursi belakang juga harus mengenakannya. Beberapa negara memiliki peraturan yang mengharuskan warganya untuk menggunakan safety belt selama berada di mobil. Hal ini juga berlaku ketika Anda menggunakan jasa taksi. (Hana Devarianti/VP/Image: various)

    tags: kursi, turis, liburan