Better You

Jangan Lakukan Ini Sebelum Olahraga

  by: Hana A. Devarianti       1/5/2016
  • Menyiapkan killer playlist, mengenakan pakaian olahraga yang gaya dan nyaman, serta melakukan warm-up. Boleh jadi Anda sudah tahu hal-hal yang harus dilakukan sebelum berolahraga. Namun, sudah tahukah Anda hal-hal yang tidak boleh dilakukan? Simak!

    Minum Alkohol
    Ok, ingat kata Cosmo kalau minum alkohol sebelum olahraga adalah ide yang sangat buruk. Alkohol dapat membuat Anda mengantuk, dehidrasi, menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dan menganggu fungsi motorik tubuh. Bahkan, satu gelas wine saja sudah dapat membuat gula darah menurun sehingga tubuh lebih mudah mengalami cedera.

    Minum Air Terlalu Banyak
    Minum air yang banyak sebelum berolahraga memang terkesan tidak berbahaya. Padahal kebiasaan ini dapat memicu kondisi hiponatremia, di mana darah menjadi encer dan konsentrasi ion natrium turun terlalu rendah. Inilah yang membuat tubuh kehilangan energi dan otot terasa lemah juga kram.

    Mengonsumsi Makanan Pedas
    Jika Anda tidak ingin sesi cardio terganggu karena perut yang mulas, sebaiknya urungkan niat untuk mengonsumsi makanan pedas sebelum olahraga. Makanan pedas dapat menyebabkan perut asam dan tentu hal tersebut dapat membuat rasa tidak nyaman selama latihan.

    Hot Sex
    Bukannya Cosmo melarang Anda untuk melakukan aktivitas “panas” di ranjang dengan si dia. Hanya saja bercinta sebelum berolahraga dapat membuat tubuh lelah. Ini karena hormon oksitosin yang terlepas setelah bercinta membuat tubuh memasuki kondisi tenang. Lagi pula ini seks juga olahraga kok! (Hana Devarianti/SS/Image: outnow.ch)