Better You

Lakukan Tips Berikut Agar Tidak Sering Lupa Nama Orang

  by: Salli Sabarrang       11/5/2016
  • Ingat wajah tapi lupa nama. Ya, masalah ini memasa sering terjadi, tapi jangan Anda biasakan  karena melupakan nama orang lain terlebih kolega kerja bisa menimbulkan dampak yang besar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti saran Cosmo berikut.

    Amati Lingkungan Sekitar
    John Keith, seorang physical therapy mengatakan bahwa menghafal nama seseorang akan terasa lebih mudah bila Anda juga mengamati apa yang berada di sekitar, misalnya warna dinding, atau pemandangan di luar jendela. Isyarat visual yang Anda amati akan membantu menyimpan memori tentang seseorang dalam jangka panjang.

    Mencari Karakteristik
    Saat bertemu dan berkenalan dengan seseorang, Anda bisa mencari karakteristik fisik yang khusus dari orang tersebut. Lalu jangan lupa untuk menghubungkannya dengan nama orang tersebut di kepala Anda ya, misalnya Tanti Curly karena rambutnya yang keriting Afro, atau Andy Smiley karena senyumnya yang menggemaskan itu.



    Mencoba Mengeja Namanya
    Sesaat setelah Anda berkenalan atau menerima kartu nama, segera berikan komentar soal namanya. Salah satu jurus yang paling ampuh adalah menanyakan ejaan atau arti namanya. Ketika mengeja nama orang tersebut, Anda akan terbantu untuk gambaran visual dari huruf yang membentuk nama kolega baru Anda.



    Coba Ulangi
    Saat Anda sudah mengetahui nama kenalan baru dengan pasti, coba ulangi beberapa kali dalam menyebut nama dia. Atau Anda bisa menyelipkan dalam perbincangan, misalnya, “Wah, Anda sudah berapa lama kerja di perusahaan ini, Sintya.” (Salli Sabarrang/VP/ Image: ElenaGaak/shutterstock/clickphotos)