Better You

Jangan Lakukan Ini Pada Payudara Anda!

  by: Hana A. Devarianti       12/5/2016
  •  

    Banyak cara yang dilakukan oleh kaum wanita untuk membuat payudara mereka terlihat cantik dan sempurna. Namun, terkadang mereka tidak sadar bahwa apa yang dilakukannya justru memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan payudara. Bruce Katz, MD, seorang ahli dermatologi sekaligus Director of the JUVA Skin & Laser Center di New York City, menjelaskan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan terhadap payudara karena alasan kesehatan.



    Duct-taping

    Terkadang, agar terlihat cantik saat mengenakan gaun malam, wanita menutup puting payudara mereka dengan menggunakan duct tape atau perekat sehingga tidak perlu lagi menggunakan bra. Namun, ternyata hal ini dapat menyebabkan iritasi dan menimbulkan bercak kemerahan di sekitar puting, bahkan bisa juga memicu alergi. Terlalu sering menggunakan duct tape pada puting juga dapat memicu penyakit kulit berbahaya, seperti eksim.

    Suntik Botox

    Hingga saat ini, masih belum ditemukan manfaat atau kebaikan dari metode menyuntikkan botox pada payudara. Selain proses penyutikkannya sendiri dapat membahayakan nyawa dan tidak menjamin hasil yang bagus, suntik botox juga membutuhkan biaya yang sangat mahal.

    Mencukur Bulu di Sekitar Puting



    Selain dapat menyebabkan iritasi, mencukur bulu di sekitar puting juga akan meyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Karenanya, biarkan saja bulu-bulu tersebut tumbuh selama tidak merugikan Anda sendiri. Namun, jika Anda mulai merasa tidak nyaman dengan banyaknya bulu di sekitar puting, jangan gegabah untuk mencukurnya. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu tindakan apa yang harus Anda tempuh untuk mengatasi bulu tersebut.

    Menggunakan Yoga Bra untuk Lari

    Menggunakan yoga bra untuk berlari tidak akan membuat payudara Anda sepenuhnya “terjaga” saat lari. Hal ini dapat merusak jaringan di dada yang akan membuat payudara menjadi turun.

    Menindik Puting

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Iowa, menindik puting akan menyebabkan infeksi dan rasa sakit yang luar biasa. Menindik puting juga nantinya akan menghambat produksi air susu. Tak hanya itu, logam yang dipakai untuk menindik juga terkadang dapat memicu alergi yang akan membuat kulit iritasi. Parahnya lagi, jika peralatan menindiknya tidak steril, Anda juga dapat terserang penyakit berbahaya seperti hepatitis B, hepatitis C, atau bahkan HIV. So, don’t even think about it, ladies! (Sintya W / VP / Image: BlueSkyImage / Shutterstock / Clickphotos)