Better You

Tips Bekerja Saat Liburan

  by: Salli Sabarrang       22/5/2016
  • Jikapun liburan ini merupakan hal yang mendadak, pasti ada satu atau dua hari sebelum keberangkatan untuk mempersiapkan segala hal. Cosmo punya beberapa hal yang bisa Anda gunakan agar liburan tetap terasa sebagai liburan namun pekerjaan tidak terlantar.

    Koneksi Internet
    Persiapan koneksi internet menjadi hal yang utama karena tanpa internet mustahil Anda bisa bekerja. Cari tahu soal koneksi internet di tujuan liburan, jika harus, sewalah pocket wifi di outlet terpercaya. Jika Anda keluar negeri, cari sim card yang paling terpercaya, terutama yang liburannya lebih dari 3 hari.

    Headphones
    Perangkat yang ini penting jika sewaktu-waktu video phone meeting harus dilakukan. Jika belum punya, belilah satu headphone yang bagus. Harganya mungkin agak mahal, but it’s worth to invest in a pair of quality headphones.



    Cari Co-Working Space Terdekat.
    Dengan bantuan Google, carilah co-working space yang bisa menjadi emergency place to work saat sedang liburan. Dengan menandai titik-titik terdekat, saat laptop mati, dan charger-nya tertinggal di hotel, atau saat sinyal mendadak hilang, Anda bisa tetap in-line dengan kantor di co-working space yang sedang menjamur ini.



    Share Your Itinerary
    Do share it with your assistant or co-worker. Tidak perlu detail, tapi jadwal perjalanan akan membantu mereka untuk mengambil keputusan saat Anda tidak available untuk dihubungi. Jangan lupa juga beri tahu ke rekan kerja jika misalnya daerah yang selanjutnya Anda akan sulit sinyal. Dengan proaktif begini, seharusnya liburan dan pekerjaan di kantor bisa berjalan dengan baik.

    Tentukan Waktu Khusus Bekerja
    Saat membuat itinerary, tentukanlah waktu khusus untuk mengecek pekerjaan. Bisa dilakukan pagi-pagi sebelum Anda memulai kegiatan atau sore hari sebelum waktu makan malam. Dengan meluangkan waktu begini, jadwal liburan Anda tidak akan terlalu terganggu. (Salli Sabarrang/FT/Image: Puhhha/Shutterstock/clickphotos)