Better You

10 Fakta Menarik Tentang Tidur

  by: Silvya Winny       23/5/2016
  • Karena ternyata banyak hal yang perlu Anda ketahui dari sekadar istilah "tidur yang cukup baik untuk tubuh Anda". Yuk, simak!

    1. Insomnia bukan definisi dari kurangnya waktu tidur Anda setiap malamnya, melainkan sulit berkonsentrasi, sakit kepala, dan faktor negatif lainnya yang Anda lewati pada siang harinya.
    2. Sebagian organ di tubuh justru lebih aktif bekerja saat Anda tidur dibandingkan dalam keadaan terjaga.
    3. Pencahayaan di kamar tidur (lampu kamar, komputer, TV, handphone, dan lainnya) ternyata memiliki pengaruh besar akan ketidakmampuan tubuh untuk menjaga kualitas tidur. Hal ini disebabkan oleh paparan cahaya yang terlalu lama mengganggu pola tidur yang lantas terprogram secara otomatis di tubuh Anda.
    4. Pria bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di samping pasangannya, semantara wanita justru sebaliknya.
    5. Dari skala persentase, lebih banyak wanita yang berjuang melawan insomnia dibanding pria.
    6. Tanpa disadari, titik lelah seseorang ada pada jam dua siang dan dua dini hari, dikarenakan oleh rasa waspada yang diciptakan oleh tubuh sangat tinggi pada waktu tersebut.
    7. Seseorang yang kurang memiliki kualitas tidur cenderung mempunyai nafsu makan yang lebih besar.
    8. Kebiasaan mempunyai waktu tidur kurang dari tujuh jam setiap harinya berisiko menyulitkan Anda mencapai tujuan hidup.
    9. Lebih banyak kalori yang terbuang saat tidur dibandingkan duduk di sofa sambil menikmati tayangan serial favorit.
    10.Dysania adalah istilah bagi orang yang mengalami kesulitan terbangun di pagi hari.
    (Irfina Indriyani / SW / Image: Ann Haritonenko / Shutterstock / Click Photos)