Lifestyle

Tips Membeli Tiket Kereta Api

  by: Hana A. Devarianti       25/5/2016
  • Selain pesawat, kereta dapat menjadi opsi transportasi yang nyaman saat traveling lintas kota. Tidak perlu bingung ketika ingin bepergian dengan moda transportasi ini karena Cosmo punya lima tips yang dapat membantu Anda saat akan membeli tiket kereta. Simak!

     

    Jangan Beli Lewat Calo



    Tidak sulit kok membeli tiket kereta, jadi jelas kalau Anda tidak memerlukan jasa ilegal para calo. Jika tidak sempat datang ke stasiun, Anda dapat memesan tiket lewat situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yaitu www.tiket.kereta-api.co.id. Selain itu, situs lainnya seperti Tokopedia, Tiket.com, dan Utiket juga menyediakan layanan pembelian tiket secara online. Anda juga bisa membeli tiket di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan 7-11.

     

    Pesan Jauh-jauh Hari



    Sama seperti tiket pesawat, tiket kereta juga lebih cepat habis saat musim liburan atau mudik. Jadi, usahakan untuk memesan tiket jauh-jauh hari. Reservasi tiket KA sudah dapat dilakukan mulai satu setengah bulan sebelumnya di loket stasiun, loket agen, minimarket yang terdaftar. Usahakan memesan tiket PP (pergi-pulang) untuk memudahkan Anda saat bepergian.

     

    Pahami Kelas dan Sub Kelas Kereta Api

    Agar perjalanan nyaman, pahami pula kelas dan sub kelas kereta api. Umumnya, kelas kereta api dibagi menjadi tiga yaitu Kereta Api Eksekutif, Kereta Api Bisnis, dan Kereta Api Ekonomi. Ketiganya memiliki fasilitas dan harga yang berbeda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena setiap kelas dilengkapi pendingin ruangan. Nah, selain itu kenali juga sub kelas atau zona tempat duduk dalam kereta api. Harga setiap sub kelas dalam kereta api akan berbeda sesuai dengan zona tempat duduknya. Tempat duduk sub kelas termahal biasanya berada di tengah gerbong dan dekat dengan gerbong makanan. Sedangkan, tempat duduk sub kelas harga promo berada di berada di dekat pintu. (Hana Devarianti/VP/Image: /shutterstock/clickphotos)