Better You

Hindari Berat Badan Naik Dengan Cara Ini!

  by: Silvya Winny       6/5/2017
  • Bisa dibayangkan, hidup pasti lebih simpel kalau saja kita tidak dihantui perasaan “takut gendut” setiap lewat di toko pastry, sewaktu melahap pizza, sampai waktu pesan dessert. Apalagi liburan sebentar lagi. Yang artinya, kalau Anda datang ke setiap pesta, pasti ada banyak tawaran makanan lezat, steak, fries, yang ouchh membuat Anda makin protektif lagi sama angka di timbangan. Untuk menghindari bertambahnya ukuran jeans saat tahun baru nanti, Cosmo bersedia membantu Anda menstabilkan berat badan Anda.

    1.Jangan salahkan diri sendiri. Dan jangan sampai Anda terbangun esok paginya dengan perasaan menyesal setelah makan cheese tart 10 cup di pesta semalam. Kalau rasanya enak, buat apa disesali? Perlakukan hari setelahnya dengan makan makanan yang sehat dan tetap aktif bergerak.

    2.Simpan persediaan makanan sehat. Ya, isi sampai kulkas Anda sangat “hijau” dan terlihat cukup untuk makan 1 bulan. Kulkas yang penuh dengan sweet treats mana mungkin bisa membuat timbangan stabil, sih



     

    [ Baca Juga: Diet Fleksibel dengan Beragam Manfaat ]

     

    3.Habiskan Makanan dan jangan simpan di kulkas. Terutama kue-kue yang kemungkinan besar hanya akan berakhir di rak paling atas kulkas Anda. Semakin mudah Anda mengakses makanan, semakin sulit deh menahan godaan. Paling tepat adalah tidak menyimpan kue dan hal-hal manis itu selevel dengan mata Anda. Jadi ketika buka kulkas, Anda tidak menyadari keberadaannya.

    4.Cerdik atur kulkas Anda. Simpan makanan sisa di paling belakang, sementara buah dan sayur di posisi terdepan. Dengan begini, otak Anda akan mengirimkan sinyal untuk berpikir membuat sesuatu dari apa yang Anda lihat pertama kali, sekaligus lebih cepat mengakses makanan sehat.

    5.Gunakan silver foil daripada kontainer plastik. Lagi: supaya Anda tidak langsung tergoda untuk mengambil secuil pie sisa kemarin.



     

    [ Baca Juga: Kenali Bentuk Perut Anda Untuk Program Diet Efektif ]

     

    6.Jangan Bawa Makanan Sisa ke luar... dari kulkas Anda, karena kalau tidak, ujung-ujungnya Anda hanya akan berakhir makan sepiring pie, bukan seperti niat awal yang hanya ingin secuil saja. Jika Anda ingin makan, bawa piring dan langsung ambil makanan dari kulkas tidak melebihi porsi yang Anda inginkan. Otomatis Anda tidak akan menambah porsi saat makanan sudah habis.

    7.Ingat! Saat ambil makanan, gunakan piring kecil ya. Makan berlebihan saat hari libur memang tidak akan membunuh atau menambah angka timbangan secara dratis. Namun, jika pola makan Anda setiap hari nanti seperti festival begitu, “jeans” Anda yang akan bicara.

    8.Hindari Katakan, “Apa Sih. Ya udahlah ya!”, saat tahu salah setelah cheating menyantap beef roast melebihi porsi yang seharusnya. Termasuk juga saat ingin mencolek peanut butter lalu keterusan ambil roti makan lebih dari setangkap. Kalau Anda teruskan, lama-kelamaan pola pikir ini jadi bencana buat rencana diet Anda.

    9.Jangan terus-terusan bilang ingin diet dalam waktu singkat. Hal ini tidak realistis – apalagi hanya dalam waktu singkat. Sebelum masa libur tiba, jaga pola makan dan selingin dengan olaharaga teratur. Jadi sepanjang Natal sampai Tahun Baru nanti, Anda bisa makan apa saja (dalam porsi terjaga) tanpa merasa bersalah. (Silvya Winny / Image: Shutterstock)