Career

Ladies, JANGAN Lakukan Ini Saat Mengelola Uang

  by: Hana A. Devarianti       1/5/2017
  • Anda tahu betul kalau sebagai wanita fun dan fearless harus pintar mengelola uang. Nah, kalau begitu jangan sampai “terjebak” dan melakukan hal ini saat melakukannya. It's a big no-no, darling!

     

    Malas Mencatat Pengeluaran



    Pernah merasa uang “menghilang” begitu saja dari dompet. Well, perasaan ini tidak akan muncul kalau Anda lebih disiplin mencatat pengeluaran. Ini adalah hal yang penting untuk mengetahui spending habit setiap bulan. Selain itu, dengan mencatat Anda juga jadi tahu apakah Anda boros atau tidak (ops!)

    [ Baca juga: 4 Metode Pengaturan Uang Untuk Anda ]

     

    Tidak Punya Dana Darurat

    Idealnya, Anda punya dana darurat yang jumlahnya sama dengan pengeluaran selama enam bulan. Namun, kalau hal tersebut dirasa sulit bisa kok dimulai dengan mengumpulkan dana yang jumlahnya paling tidak sebesar satu bulan pengeluaran. Sisihkan saja uang sebesar Rp500.000,- atau 5% dari gaji setiap bulan.

    Saran Cosmo, gunakan fitur autodebit jadi uang otomatis tertransfer ke rekening dana darurat. Dan ingat ya ladies, uang yang ada di rekening tersebut hanya untuk situasi darurat saja. Jangan tergoda menggunakannya untuk berbelanja saat sedang musim diskon.

     

    via GIPHY



     

    Enggan Investasi

    Hear hear ladies, Anda harus investasi. Memang, investasi terkesan sebagai hal yang menakutkan karena naik dan turunnya pasar. Namun, semakin Anda menunda-nunda akan semakin besar pula risikonya. Sebenarnya, berinvestasi secara rutin dapat membantu mengatasi masalah naik dan turunnya pasar kok. Selain itu, investasi juga jadi alternatif yang jauh lebih baik daripada menabung. 

    [ Baca juga: Klik Ini untuk Tahu Lebih Banyak Soal Investasi Saham ]

     

     

    No Rewards

    Mengelola uang bukan berarti Anda harus “tersiksa”. Boleh banget kalau Anda ingin memanjakan diri dengan membeli barang yang sudah lama diimpikan, brunch bersama the girls, atau liburan mewah nan romantis dengan si dia. Rewards seperti ini justru penting supaya semakin semangat untuk mengelola uang.

    Hanya saja, perlu diingat pula kalau rewards pun harus punya budget. Jangan sampai rewards tersebut justru malah membuat pengeluaran membengkak.  (Hana Devarianti/SW/Image: outnow.ch)