Better You

Ini Alasan Penting untuk Mulai Memakan Chia Seed

  by: Kezia Calesta       9/5/2017
  • Tahukah Anda bahwa chia seeds adalah salah satu makanan paling sehat? Kata "chia" sendiri berasal dari bahasa Aztec yang memiliki arti "energi". Untuk suku Aztec dan Maya, biji Chia merupakan makanan penting yang dipercaya dapat memberikan energi yang tahan lama. Ini bukti bahwa chia seeds sangat bermanfaat untuk Anda!

     

    Rendah Kalori, Nutrisi Tinggi



    Biji yang berasal dari Amerika Selatan tersebut memiliki kandungan serat, protein, lemak Omega-3, kalsium, magnesium, zinc, vitamin B1, B2 dan B3. Anda bisa mendapatkan semua kandungan nutrisi tersebut, cukup dengan mengonsumsi dua sendok makan chia seeds - yang hanya mengandung 137 kalori!

     


    Kaya Antioksidan

    Antioksidan tidak hanya membuat lemak omega-3 dalam biji-biji tersebut semakin tahan lama, tetapi juga membawa berbagai kebaikan untuk tubuh, seperti memberantas produksi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan penyakit seperti kanker.

     

    [ Baca Juga: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan ]

     

    Less Carbs, More Fiber

    Nasi putih, pasta, dan roti - inilah sumber karbohidrat yang dapat menambahkan berat badan. Chia seeds meminimalisir asupan karbo dan menggantikannya dengan serat sehat yang membantu pencernaan tubuh dan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Hasilnya? Weight loss, baby!

     

     



    Kaya Protein

    Biji Chia memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dibanding sayuran dan biji-biji lainnya. Asupan protein yang seimbang telah dibuktikan dapat mengurangi nafsu makan besar sebanyak 60% dan keinginan untuk mengemil di malam hari sebanyak 50%. Wow.

     

    [ Baca Juga: Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan & Cara Menghadapinya ]

     

    Menguatkan Tulang

    Jika Anda tidak meminum susu, chia seeds adalah sumber terbaik untuk mendapatkan nutrisi bagi tulang Anda. Dengan kandungan kalsium, magnesium, fosfor dan protein, risiko osteoporosis dapat Anda cegah dengan mudah.

     

    Diet-Friendly

    Karena rasa biji-biji tersebut cukup tawar, Anda bisa memasukkannya dalam sarapan seperti jus, havermut, puding, sereal, atau yoghurt. Cukup dengan takaran 1,5 sendok makan, Anda akan merasa lebih kenyang dan tubuh pun akan semakin sehat!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Stephanie Frey / Clickphotos)