Lifestyle

Yang Tidak Perlu & Perlu Anda Lakukan Sebelum Traveling

  by: Nungki Dwiandara       10/5/2017
  • Setelah seminggu penuh dipenuhi rentetan meeting, saatnya untuk mengembalikan mood Anda dengan merencanakan liburan yang menyenangkan. Eits.. tunggu dulu, agar perjalanan liburan Anda berjalan dengan lancar, yuk simak tips dari Cosmo apa “perlu” dan “tidak perlu” Anda lakukan sebelum traveling. Let's check these out, dear!

     

    Tidak Perlu Dilakukan!



    Membawa Banyak Gadget

    Oh dear, ini yang sering terjadi pada Anda saat pergi liburan, yakni membawa berbagai macam gadget. Memang beberapa gadget bisa menunjang liburan, tapi bila satu smartphone saja sudah bisa membuat Anda terkoneksi dengan internet, untuk apa harus membawa laptop atau pun tablet?

     

    Membawa Perhiasan Berharga

    Anda tentu ingin terlihat menawan saat berlibur dengan mengenakan kalung ataupun perhiasan favorit, tapi bawalah secukupnya. Jika ingin membawa lebih banyak, coba pertimbangkan jika aksesoris kesayangan Anda tersebut hilang di lokasi liburan.

     

    Beranggapan Itinenary Itu Tidak Penting

    Mungkin beberapa dari Anda berpikir akan melakukannya secara spontan. Tanpa perencanaan, justru membuat Anda tidak fokus saat liburan, lho. Belum booking kamar hotel, sementara liburan tinggal dua hari lagi? Hmm, tak bisa dibayangkan kalau semua penginapan di destinasi Anda fully booked.

    Atau, liburan Anda menjadi sedikit berantakan karena Anda tidak mengetahui jadwal-jadwal keberangkatan transportasi umum di sana.

     

    Semua Keperluan Serba Baru

    Cosmo setuju bila tetap tampil stylish dan fashionable saat berlibur itu penting bagi Anda para wanita fun and fearless. Tapi tidak artinya semua keperluan berlibur Anda harus serba baru, kan? Coba cek kembali isi lemari dan mulailah mencoba mix and match pakaian lama. Setidaknya beberapa di antaranya dapat digunakan saat liburan. Dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran sebelum perjalanan dimulai.

     

    Perlu Dilakukan!

    Atur Budgeting

    Tujuannya adalah untuk mengatur dana liburan yang bisa saja melebihi bujet seharusnya. Dalam bujet itu juga sertakan pula dana cadangan ya.

     

    Makeup Pouch

    Tampil selalu memesona dengan kulit yang sehat merupakan hal yang wajib, terutama saat traveling. Oleh karena itu, jangan lupa masukkan deretan keperluan perawatan wajah dan tubuh Anda (tentunya dalam ukuran travel size, ya!) ke dalam makeup pouch

     



    Catat Barang Bawaan Anda

    Hal ini cukup penting mengingat mungkin masih banyak dari Anda yang tak tahan ingin membawa berbagai macam barang traveling. Ingat dear, bawa barang yang benar-benar Anda butuhkan selama bepergian. Saat sedang berkemas, catat barang bawaan Anda dalam buku kecil agar Anda tak lupa barang atau pakaian apa saja yang dibawa. Kemudian update daftar tersebut saat Anda akan pulang.

     

    Menyiapkan Salinan Kartu Identitas

    Selalu sisipkan fotokopi Paspor, SIM, maupun KTP di dalam dompet atau tas dan soft copy di ponsel Anda untuk mengatasi kemungkinan terburuk kalau dompet Anda hilang saat berlibur. Untuk antisipasi, simpan juga di e-mail atau kirim keanggota keluarga/orang terdekat agar bisa mengakses di mana pun Anda berada.

     

    Obat Pribadi

    Untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat menimpa Anda saat traveling, siapkan obat-obatan pibadi seperti obat flu, diare, alergi, antiseptik hingga obat untuk nyeri sendi sebagai pertolongan pertama. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan dengan nyaman.

     

    Cari Tahu Informasi Secara Detail Tentang Kota/ Negara yang Akan Anda Kunjungi

    Lakukan riset sampai detail destinasi yang ingin Anda kunjungi. Supaya Anda dapat mencegah kunjungan ke daerah yang sedang mengalami konflik atau cuaca ekstrem.

     

    Cek Kesehatan dan Lakukan Vaksinasi, Jika Perlu

    Ya, yang namanya penyakit menular bisa datang kapan saja termasuk saat Anda melakukan perjalanan wisata. Sudah banyak kasus wisatawan yang tertular penyakit saat kembali dari berwisata. So, cari tahu lebih banyak informasi tentang lingkungan destinasi yang akan Anda kunjungi. Pastikan kesehatan Anda prima sebelum melakukan perjalanan wisata, bila perlu lakukan vaksinasi.

    Ada beberapa negara juga yang mewajibkan para wisatawannya untuk melakukan vaksin, seperti Vaksin Meningococca Disease dan polio yang wajib dilakukan sebelum melakukan ibadah umroh atau haji.

     

    Anda punya rencana untuk melakukan travel religi?  Kali ini Cosmopolitan dan Combiphar mengadakan mini surveyMeaningful Journey”. Akan ada 2 (dua) pemenang terpilih yang mendapatkan hadiah berupa paket travel religi senilai Rp. 25.000.000,- !!

    Tunggu apalagi, kunjungi https://www.cosmopolitan.co.id/meaningful-journey/ atau klik di sini sekarang juga! Good luck, dear. ( Nungki Dwiandara / SW / Image: doc. I am Kuiz/ Shutterstock/ Clickphotos)