Better You

10 Hal Yang Harus Anda Tahu Tentang Asuransi Perjalanan

  by: Salli Sabarrang       11/5/2017
  • Banyak orang yang masih memandang sebelah mata asuransi perjalanan. Padahal asuransi yang satu ini sangat penting, coba deh bayangkan kalau tiba-tiba di negara tujuan Anda mengalami musibah, oh... NO! Cosmo mencoba ngobrol dengan Sendy, CEO and President Director of Futuready Insurance Broker (Futuready.com) untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar asuransi perjalanan. Simak ya.

    Cosmo : Seberapa penting seseorang untuk mendaftar asuransi perjalanan?
    Sendy: Tentu penting sekali. Tapi tidak semua perjalanan membutuhkan asuransi perjalanan atau mungkin asuransi perjalanan yang dibutuhkan berbeda. Ada dua jenis asuransi perjalanan. Pertama adalah flight insurance, yaitu meng-cover selama penerbangan atau maksimal dua jam setelah penerbangan. Misalnya, terjadi sesuatu pada penerbangan Anda seperti delay atau bagasi hilang maupun rusak maka akan di-cover oleh flight insurance. Yang kedua adalah full duration insurance yang meng-cover selama durasi perjalanan Anda dari berangkat sampai pulang ke tanah air.

    Cosmo: Situasi-situasi apa saja sih yang membuat kita cocok untuk mempertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan?
    Sendy: Yang pertama adalah destinasi yang jauh. Kenapa? Karena mendapatkan pertolongan di luar negeri itu terbilang sulit dan mahal. Kedua, ketika traveling bersama anak kecil di bawah umur 12 tahun. Karena anak tersebut mengendalikan kegiatan dan waktu Anda selama traveling. Kalau sampai si anak ini sakit maka buyar semua jadwal perjalanan Anda. Jadi alangkah baiknya ketika traveling bersama anak kecil, Anda mempunyai asuransi perjalanan. Sehingga ketika anak Anda sakit atau terjadi penundaan karena satu dan lain hal maka travel insurance bisa cover. Yang ketiga adalah ketika Anda melakukan solo traveling, tidak join dengan tour. Karena tentunya tidak ada orang yang stand by membantu Anda.



     

    [ Baca Juga; Cek 5 Hal Tentang Kesehatan Ini Sebelum Traveling ]

     

    Cosmo: Kira-kira apa yang sebaiknya menjadi pertimbangan sebelum membeli asuransi perjalanan?
    Sendy: Kebutuhan. Anda harus lebih hati-hati melihat apa saja manfaat yang disediakan dari berbagai pilihan asuransi yang ada. Jangan bergantung pada harga yang murah. Bisa jadi produk ini menawarkan harga murah tapi manfaatnya kurang pas dalam situasi tertentu atau tidak meng-cover beberapa hal krusial atau perlindungannya kurang baik pada aspek tertentu. Tentunya Anda harus menyortir kembali manfaat yang diprioritaskan

    Cosmo: Kapan sebaiknya seserorang memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan?
    Sendy: Demi kenyamanan perjalanan, sebaiknya Anda membeli travel insurance tiga hari sebelum melakukan perjalanan.

    Cosmo: Apa yang menentukan besarnya premi?
    Sendy: Pertama adalah durasi perjalanan, yang kedua negara tujuan Anda, yang ketiga adalah jumlah orang yang tertanggung dalam polis tersebut, serta range benefit yang diberikan.

    Cosmo: Berapa maksimal tanggungan dalam polis asuransi?
    Sendy: Satu polis biasanya menanggung dua orang dewasa dan tiga anak. Kalaupun masih kurang Anda tentunya bisa menambah polis.

     

    [Baca Juga; Tip Traveling Aman Hingga Pulang ke Rumah ]



     

    Cosmo: Apakah asuransi perjalanan bisa menanggung ketika seseorang ingin bepergian ke multiple country atau lebih dari satu negara?
    Sendy: Pasti bisa, ada beberapa polis yang bisa cover jika Anda traveling lebih dari satu negara. Biasanya perhitungannya dibuat berdasarkan negara yang paling jauh. Misalnya Anda ingin pergi ke Jepang, Cina, lalu Eropa, maka yang akan dihitung adalah Eropa. Tapi sebelumnya, Anda harus merincikan travel plan Anda, negara mana saja yang akan dikunjungi.

    Cosmo: Yang mana yang lebih baik, asuransi perjalanan selama satu tahun atau perperjalanan?
    Sendy: Tergantung frekuensi atau durasi perjalanan Anda. Misalnya Anda traveling dalam setahun lebih dari empat kali atau durasi totalnya 30 hari, ada baiknya Anda mengambil asuransi perjalanan yang per tahun.

     

    [Baca Juga; 15 Tips untuk Solo Traveling dengan Aman ]

     

    Cosmo: Bagaimanakah cara klaim asuransi perjalanan?
    Sendy: Kebanyakan proses klaim terkait asuransi perjalanan biasanya dilakukan setelah Anda kembali ke tanah air. Tapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah para pelancong seringkali tidak aware tentang dokumen apa saja yang diperlukan saat mereka berada di luar negeri untuk melengkapi klaim. Misalnya ada customer Futuready Insurance pergi ke Paris lalu dia mengalami baggage delay.  Di sana dia meminta surat keterangan dari maskapai bahwa ada variasi di bagasinya. Nah, kalau dia meminta surat tersebut saat sudah kembali ke Indonesia, pasti akan lebih sulit diperoleh. Awareness dan kecepatan informasi ini, saya rasa sebetulnya lebih penting. Jangan sampai Anda sudah kembali ke Indonesia seharusnya Anda bisa klaim ternyata susah atau tidak bisa karena dokumen Anda sudah tidak bisa jangkau lagi.

    Cosmo: Berapa lamakah proses klaimnya?
    Sendy: Biasanya tergantung perusahaan asuransi, dan tergantung dengan jenis klaimnya. Kalau misalnya travel delay lebih dari dua jam itu di-cover mungkin itu sekitar tiga hari kerja sudah keluar, tapi jika nilai klaimnya puluhan juta, biasanya dua minggu hingga satu bulan  karena nominal lebih besar. Pengalaman saya kalau dokumen lengkap biasanya proses klaim jadi lebih lancar.

    (Salli Sabarrang/SW/ Image: Rawpixel.com/shutterstock/clickphotos)