Better You

Trik Atasi Masalah Bau Mulut, Selain Mouthwash

  by: Sky Drupadi       11/5/2017
  • Ketika mulut bau, kepercayaan diri hilang, tubuh tidak nyaman, dan mood langsung turun. Solusi bau mulut bukan hanya sikat gigi, lho. Ada hal lain yang bisa Anda lakukan agar mulut selalu minty fresh!

     

    Brush Your Tongue



    Gigi kinclong dan bersih, sedangkan lidah masih penuh dengan sisa makanan. Pantas saja bakteri bau mulut menumpuk. Setelah menyikat gigi, jangan lupa juga menyikat lidah Anda juga. Pernah lihat alat pembersih lidah yang ada di supermarket? Yup, beli alat efektif tersebut dan mulut Anda akan 100% bersih!

     

    Floss Floss Floss

    Tidak semua terbiasa membersihkan sela gigi dengan benang, namun kenyataanya di situlah sisa-sisa makanan berada dan mereka tidak terjangkau dengan sikat gigi biasa. Jika tidak segera dibersihkan, ia akan busuk dan meninggalkan bau. Hiii....

     

    [ BACA JUGA: 9 Makanan Ampuh Untuk Hilangkan Bau Mulut ]

     

    Choose Your Mouthwash

    Cairan kumur memang menjamin mulut yang lebih bersih dan segar. Namun, pilihlah produk Anda secara hati-hati. Mouthwash yang mengandung alkohol justru membuat mulut kering dan membuat bakteri lebih mudah berkembang biak. So, pilih cairan yang alcohol free dan menggunakan bahan menthol. Selain itu, berkumurlah 15 menit setelah menyikat gigi agar lebih efektif. Let's wash the smell away!

     

    Drink Tea, Not Coffee



    Kopi merupakan salah satu penyebab bau mulut. Jadi, coba substitusikan minuman pagi Anda dengan green tea atau black tea. Keduanya mengandung zat polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

     

    Bite An Apple

    Buah yang kaya dengan serat bisa membantu membersihkan gigi karena Anda harus mengunyahnya dengan ekstra. Vitamin C pada apel juga bisa membunuh bakteri. Membasmi bau mulut dengan mengemil apel yang lezat, tidak rugi kan?

     

    [ BACA JUGA: 5 Penyebab Bau Mulut Selain Tidak Sikat Gigi ]

     

    Chew Gum

    Sering mengunyah permen karet juga efektif dalam membersihkan partikel makanan pada gigi dan menjaga kelembapan mulut. Pastikan Anda memilih permen yang sugar-free, ya. Jika ingin yang lebih natural, Anda juga bisa mengunyah kulit jeruk atau lemon. Kebayang kan segarnya wangi lemon di mulut Anda? Hmm, fresh!

     

    See Your Dentist

    Oke, ini memang bukan 'trik' yang bisa dilakukan di rumah. Tapi ada beberapa area gigi yang tidak dapat dijangkau sikat gigi, apel, atau permen karet Anda. Siapa lagi yang bisa membersihkannya selain dokter gigi? Jadwalkan scalling gigi secara rutin dan Cosmo jamin, masalah bau mulut Anda akan segera pergi. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. file404 / Shutterstock / Clickphotos)