Career

Tampil Maksimal Tanpa Keluar Banyak Uang? Bisa!

  by: Hana A. Devarianti       21/5/2017
  • Siapa bilang kalau untuk tampil maksimal harus mengeluarkan banyak uang? Permata Bank lewat buku terbarunya Kece Tanpa Kere memberikan tips supaya lebih hemat, lebih kece, tanpa harus jadi kere, alias hidup susah.

     

    For Fashion



    Siapa sih yang tidak “ngiler” belanja begitu melihat tanda diskon terpampang di toko atau di online store favorit? Cosmo pun begitu. Namun, Anda bisa kok tetap stylish dengan barang-barang vintage yang ditemukan di pasar secondhand. Coba deh kunjungi Pasar Baru, Jakarta dan Pasar Gedebage, Bandung. Di pasar tersebut Anda bisa menemukan dress seharga Rp20.000,- atau jaket kulit seharga Rp100.000,-. Atau pantau saja social media yang Anda punya untuk melihat garage sale yang kerap digelar para sosialita dan influencers.

    Tapi jika sedang malas berburu, buka saja lemari pakaian ibu atau nenek. Hey, baju-baju mereka pasti masih ada yang bisa digunakan lagi. Selain itu, bisa juga closet swapping alias saling meminjam atau barter baju dengan the girls. One's trash is another's treasure, darling!

     

     

    Sebuah kiriman dibagikan oleh adiniawrst (@adiniawrst) pada

     



    For Transportation

    Okay, harus diakui pengeluaran terbesar terkadang ada di transportasi. Anda tentu butuh dana untuk berangkat dan pulang kantor setiap hari. Namun, bukan berarti pengeluaran di pos ini tidak bisa ditekan. Kalau biasanya Anda bawa kendaraan pribadi setiap hari, tidak ada salahnya lho sesekali menggunakan juga kendaraan umum. Bisa juga bergabung ke komunitas sharing kendaraan seperti Nebengers. Atau turut serta dalam sharing economy dengan menggunakan jasa kendaraan dari aplikasi online. Sebaiknya, cari tahu dulu alternatif transportasi apa yang paling cocok buat Anda. Then, stick to it. Di akhir bulan, Anda pasti masih punya sisa dana dari pos ini.

     

    For Social Life

    Punya hobi arisan di tempat fancy? Atau selalu makan siang di restoran mewah? Well, tidak heran kalau pengeluaran jadi membengkak. Alih-alih seperti itu, Anda dan the girls bisa mengadakan pesta potluck. Pasti rasanya lebih puas kalau makanan khas yang Anda bawa ternyata disukai para sahabat! (Hana Devarianti / SW / Image: )