Better You

Cara Simpel Yang Jauhkan Bahaya Kanker Payudara

  by: Silvya Winny       27/5/2017
  • Sebagai wanita, payudara adalah salah satu aspek terpenting yang patut mendapatkan atensi lebih untuk dijaga kesehatannya. Belum lagi maraknya kanker payudara yang memang menjadi musuh terbesar kerap menjadi isu yang menakutkan oleh kebanyakan wanita. Berikut tip Cosmo untuk bantu aja lebih mengenal payudara dan pastikan mendapatkan perhatian yang terbaik.

     

    Jaga Berat Badan Seimbang
    Hal mudah adalah mulai memilih asupan sehat yang sesuai kebutuhan tubuh Anda. Karena dengan kekurangan atau kelebihan berat badan tandanya tubuh Anda tidak menerima masukan yang sesuai kadarnya. Belum lagi saat berat tak seimbang, hal ini bisa mempertinggi kemungkinan terkena risiko kanker payudara lho, dear!



     


    [ BACA JUGA: 13 Fakta Mengejutkan Tentang Puting Payudara ]

     

     

    Olahraga
    Setidaknya satu jam sehari laungkan waktu untuk berolahraga yang sebabkan tubuh mengeluarkan keringat. Dengan rutin melakukan hal ini, tubuh dengan sendirinya meningkatkan sistem imun, menekan pertumbuhan hormon estrogen dan insulin, dan bantu cegah tumbuhnya sel kanker payudara.

     



    Konsumsi Sayuran
    Brokoli dan kale merupakan salah satu pilihan sayuran yang baik dikonsumsi untuk jaga kesehatan payudara. Pasalnya dalam jenis sayuran ini terkandung sulforaphane yang disninyalir bisa mencegah pertumbuhan sel kanker yang kian meningkat. Untuk pencegahan yang lebih baik adalah dengan mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah.

     


    [ BACA JUGA: Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara (Dilengkapi Gambar) ]

     


    Kurangi Konsumsi Alkohol
    Sebuah penelitian dengan rutin mengonsumsi setidaknya dua gelas alkohol dalah sehari bisa meningkatkan 21% kemungkinan terserang kanker. Mulai sekarang, ada baiknya mengganti asupan wine dengan buah anggur yang segar. Kulit dari buah anggur bisa menurunkan kadar estrogen dan mengurangi risiko terserangnya kanker payudara.

     

    Rutin Memeriksa Kesehatan
    Anda pun bisa mengenal lebih jauh riwayat keluarga terdekat. Jika salah satu ada yang mengidap kankr, kemungkinan risiko tertularnya bisa menurun dalam gen. Dengan rutin memeriksakan kesehatan payudara, Anda bisa mendeteksi secara dini dan bantu mencegah kemungkinan berkembang biaknya sel tersebut dalam diri Anda. (Irfina Indriyani / SW / Image: Kaspars Grinvalds  /  Shutterstock / Clickphotos)