Lifestyle

Tips Menyimpan Makanan Sisa di Rumah

  by: Sky Drupadi       27/5/2017
  • Pasti nikmat makan bersama keluarga atau teman di rumah. Namun ketika makanan tersebut bersisa, rasanya sayang untuk membuangnya ke tempat sampah. Lumayan lho untuk disantap keesokan harinya. Sebelum memasukkan makanan lezat tersebut ke dalam lemari es, baca tips berikut untuk memastikan keamanan dan kesehatan penyimpanan Anda.

     

    [ BACA JUGA: 9 Makanan Ampuh Untuk Hilangkan Bau Mulut ]



     

    Bungkus Makanan Dengan Baik

    Untuk menjamin makanan Anda tetap aman untuk dikonsumsi, jangan asal memasukkannya ke spot kosong dalam lemari es. Gunakan toples atau kotak makan yang kedap udara dan tidak bocor untuk mencegah bakteri masuk, mempertahankan kelembapan, dan menghindari bau menyebar ke produk lain. Sebaiknya, simpan makanan Anda maksimal dua jam setelah proses masak.

    Jika makanan Anda menggunakan stuffing (seperti ayam kalkun yang diisi ubi dan kentang), keluarkan dahulu dan letakkan dalam kontainer berbeda. Jika tidak dipisah, proses pendinginan tidak akan maksimal. JANGAN PERNAH menyimpan makanan di dalam kaleng. Setelah kaleng terbuka, residu logam bisa larut dalam makanan, sehingga memberikan rasa tidak enak pada lidah. Ew!

    Oh ya, walaupun lemari es Anda memiliki space yang luas, bukan berarti Anda bisa menumpukkan berbagai produk makanan sampai penuh. Lemari es membutuhkan ruang agar udara dingin dapat tersirkulasi dengan baik.

     

    Cegah Pertumbuhan Bakteri

    Selain menggunakan kotak kedap udara, ada trik lain untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan sisa Anda. Caranya, bagi makanan tersebut menjadi beberapa porsi yang lebih kecil. Hal ini akan membuat proses pendinginan lebih cepat. Apakah Anda tahu bahwa beberapa bakteri akan “selamat” dari proses masak. Jika makanan tersebut berada pada suhu-ruangan terlalu lama, bakteri itu bisa berkembang biak. And that's a no-no.



     

    [ BACA JUGA: Mengenali Kepribadian Orang Lewat Makanan ]

     

    Makan Kembali Dengan Aman

    Ketika ingin menikmati makanan Anda kembali, pastikan makanan tersebut sudah mencair secara sempurna. Jika dalam keadaan beku, Anda dapat menggunakan microwave atau memindahkan makanan tersebut dari freezer ke rak utama lemari es untuk mencair secara alami.

    Saat dihangatkan, suhu yang menandakan bahwa makanan itu sudah aman untuk dikonsumsi adalah 70 derajat Celcius. Gunakan tutup panci untuk menjaga kelembapan makanan selama proses pemanasan. Jika Anda menggunakan microwave, pakai kontainer yang microwave-safe ya. Anda juga bisa menggunakan bahan keramik dan gelas.

     

    Jangan Simpan Dua Kali!

    Makanan yang Anda simpan tersebut harus dikonsumsi dalam waktu empat hari. Melebihi itu, just throw it away, dear. Selain itu, jangan panaskan makanan tersebut berkali-kali karena hal ini justru meningkatkan resiko keracunan makanan. So, bila makanan sisa Anda ternyata masih saja bersisa, hindari untuk menyimpannya lagi. Jika sayang untuk dibuang, hmm... langsung dihabiskan saja. Yum! (Sky Drupadi / SS / Image: Doc. Outnow.ch)