Better You

Tips Agar Tubuh Tidak Cepat Lemas Saat Puasa

  by: Silvya Winny       31/5/2017
  •  

    Saat puasa sering kali tubuh terasa lemas dan tidak berenergi, terutama di siang hari. Padahal, Anda kan tetap harus produktif di kantor. No worries, ladies. Coba saja terapkan lima tip ini agar tetap bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari selama bulan Ramadhan.

     



    Atur Menu Makanan Sahur
    Mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur bisa membantu menjaga energi selama puasa. Cosmo sarankan Anda mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti gandum atau beras merah. Ini karena karbohidrat kompleks lebih lama dicerna tubuh dibandingkan karbohidrat sederhana, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

     

    Berbuka dengan Yang Manis Tetapi Rendah Gula
    Mengonsumsi makanan yang manis saat berbuka memang bagus untuk menaikkan kembali gula darah dan energi. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan malah dapat membuat gula darah tidak stabil. Sebaiknya pilih makanan manis yang terbuat dari gula kompleks, seperti kurma, madu, dan buah-buahan. Anda juga bisa mengkreasikan buah menjadi minuman jus. Yummy!

     

    [ BACA JUGA: Cara Ampuh Cegah Perut Kembung Saat Puasa ]

     



    Tidur Cukup
    Tidak jarang Anda merasa lemas bukan karena pilihan menu yang tidak tepat saat sahur atau berbuka, tetapi karena Anda kurang tidur. Tidur cukup selama delapan jam adalah hal yang penting untuk menjaga energi, juga kesehatan tubuh. Plus, dengan tidur cukup Anda juga lebih mudah mengatur emosi dan mood.

     

    Tetap Berolahraga
    Percaya deh, olahraga di bulan puasa itu tidak bikin Anda tambah lemas. Sebaliknya, olahraga justru dapat menjaga metabolisme dan energi tubuh. Selain itu, olahraga juga memancing hormon endorfin yang bisa membuat Anda rasa bahagia dan semangat. Yeay to double benefit!

     

    [ BACA JUGA: 7 Cara Lawan Rasa Lapar di Bulan Puasa ]

     

    Jaga Asupan Cairan
    Yup, dehidrasi atau kurang cairan dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Tidak hanya itu, dehidrasi juga membuat Anda sulit berkonsentrasi. No wonder kan, pekerjaan tidak selesai-selesai. Jadi, tetap jaga asupan cairan Anda dengan minum minimal delapan gelas air setiap hari. ( Hana Devarianti / SW / Image: Shutterstock / Clickphotos )