Better You

Jadikan Dua Hal Ini Top Priority Saat Berbuka Puasa

  by: RedaksiCosmopolitan       31/5/2017
  • Apa yang pertama kali Anda lahap ketika beduk mulai dibunyikan? Es sirop, kue, gorengan, atau langsung main course? Setelah berpuasa berjam-jam, sebaiknya Anda isi ulang tubuh secara bertahap agar tidak terkejut dan kembung. Malah, ada dua hal penting yang perlu Anda jadikan top priority saat berbuka puasa. Fokus pada dua hal ini terlebih dahulu, kemudian Anda bisa beristirahat sejenak atau beribadah, kemudian baru santap makanan lezat di atas meja makan.

     

    Mengganti Cairan dan Elektrolit



    Why? Elektrolit adalah ion atau garam mineral yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, mengatur suhu tubuh, melancarkan peredaran darah, dan sebagai pelumas tubuh. Ketika berpuasa, air dan elektrolit Anda hilang melalui keringat dan juga urin. Mungkin insting pertama Anda untuk segera minum air putih yang banyak untuk menggantikan cairan ini. Tapi sebenarnya, walaupun memiliki banyak manfaat, air putih tidak mengandung semua ion yang dibutuhkan dalam tubuh. Jadi apa solusinya?

    How? Paling mudah, Anda dapat berbuka dengan buah-buahan yang penuh dengan elektrolit, seperti pisang, stroberi, dan semangka. Selain itu, air kelapa juga merupakan substitusi yang baik yang mengandung komposisi elektrolit dan mineral yang serupa dengan cairan darah manusia. Jangan lupa, buah-buah tersebut juga bisa dijadikan jus, lho! And ladies, walaupun sangat haus, jangan langsung meneguk minuman sekaligus ya. Hal ini justru menipiskan konsentrasi elektrolit yang sudah ada dalam darah. Jadi minum secara bertahap saja.


     

    [ BACA JUGA: 3 Alasan Untuk Minum Jus Secara Rutin ]



     

    Menstabilkan Kadar Glukosa

    Why? Gula pada darah Anda digunakan untuk membuat energi. Tentu saja saat berpuasa, energi Anda akan terkuras tanpa ada asupan baru. Dengan kadar yang rendah, Anda akan hilang fokus, lemas, mudah marah, dan merasa kelelahan. Maka, Anda butuh menstabilkan kadar glukosa pada darah agar bisa mengembalikan kinerja tubuh Anda seperti semula.

    How? Ingat ya, Anda perlu menstabilkan dan bukan meningkatkan. Jadi jangan konsumsi manis-manis secara berlebihan dengan minum teh manis dengan gula yang banyak atau makan kue. Yang bisa membantu menstabilkan gula darah Anda adalah daging merah, keju, dan... yup tebakan Anda benar: buah. Selain penuh dengan cairan dan elektrolit, manis alami dari buah sempurna untuk menstabilkan kadar glukosa Anda. Semangka dan melon, contohnya. Tapi catat juga, ada beberapa buah yang kadar gulanya sangat tinggi dan tidak dianjurkan untuk berbuka seperti mangga. So choose your fruit wisely! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. shutterstock / clickphotos)