Beauty

Rahasia Ciptakan Rambut Ikal yang Tahan Lama

  by: Ainjia Phioltia Paat       15/5/2017
  • Bagi pemilik rambut lurus, menata rambut menjadi ikal yang seksi dan mempertahankannya sepanjang hari kadang bukan hal yang mudah. Setelah menghabiskan waktu lama menggunakan curling iron, beberapa saat kemudian rambut sering tampak loose dan kembali lurus. Apa yang salah? Berikut trik dari Cosmo agar hal tersebut tak terjadi lagi!




    1. Hindari Kondisioner

    Jika besok Anda ingin menampilkan rambut ikal yang menggoda, usahakan hari ini atau dua hari sebelumnya rambut hanya menggunakan sampo, tanpa kondisioner. Rambut yang terlalu sering menggunakan kondisioner akan semakin lembut dan lurus sehingga sulit dibentuk. Coba: Percy & Reed Bountifully Bouncy Volumising Shampoo, Rp405.000,-.

    Percy & Reed Bountifully Bouncy Volumising Shampoo

     

    2. Gunakan Mousse

    Gunakan mousse seukuran bola baseball, jangan terlalu banyak. Aplikasikan pada rambut yang masih lembap setelah keramas, mulai dari akar hingga ujungnya, lalu blow-dry. Pilih mousse dengan label volumizing agar rambut tampak lebih mengembang dan tatanan lebih tahan lama. Try: Kérastase Mousse Bouffante Luxurious Volumizing Mousse, Rp365.000,-.

     

    3. Tambahkan Hairspray

    Setelah rambut 100% kering, bagi menjadi beberapa bagian lalu semprotkan hairspray mulai dari lapisan terdalam rambut hingga yang terluar. Cosmo loves: Oscar Blandi Pronto Texture & Volume Spray, Rp345.000,-.

    Oscar Blandi Pronto Texture & Volume Spray

     

    4. Maksimalkan Curling Iron

    Fokus hanya kepada satu ukuran diameter curling iron, agar bentuk ikal yang dihasilkan lebih rapi. Jika rambut Anda cukup tebal, curling iron harus memiliki suhu yang lebih tinggi. Lakukan perlahan-lahan dan bertahap, mulai dari lapisan rambut yang di dalam, menuju lapisan terluar. Coba: Babyliss Pro Miracurl Perfect Curl, Rp4.212.500,-.

    Babyliss Pro Miracurl Perfect Curl

     



    5. Pentingnya Hair Clip

    Dengan bantuan jepit rambut, Anda akan bekerja lebih mudah. Setelah rambut digulung selama lima detik dengan curling iron, lepaskan lalu gulung dan jepit ke atas kepala. Diamkan hingga 15 menit atau lebih, jika Anda memiliki banyak waktu. Jangan sering menyentuh hasil gulungan dengan tangan agar tak mudah lurus kembali.

    6. Jangan Disisir

    Setelah semua selesai digulung dan dijepit, lepaskan jepitan lalu tundukkan kepala ke bawah dan gunakan jemari tangan untuk menatanya, bukan sisir.


    Baca Juga: 10 Produk Andalan untuk Rambut Keriting


    7. Final Touch

    Hindari menggunakan hairspray untuk sentuhan terakhir karena kandungan polimer pada hairspray cenderung membuat ikal menjadi lebih berat sehingga dapat membuatnya ‘jatuh’. Sebagai gantinya, semportkan dry texturizing spray yang lebih ringan. Try: Living Proof Instant Texture MIst, Rp377.000,-.


    RELATED VIDEO: 4 Curly Hairstyles Tutorial (Style Untuk Rambut Keriting) 



    (Poppy Septia/AP/Image: various)